Usut Tuntas Gerbong Radikal di Kampus UNEJ, BEM Aksi Turun Jalan Pukul Mundul Radikalisme
Cari Berita

Usut Tuntas Gerbong Radikal di Kampus UNEJ, BEM Aksi Turun Jalan Pukul Mundul Radikalisme

Tuesday, December 10, 2019


(10/12/19) Akhir- akhir ini paham radikal kuat muncul kembali diberbagai daerah khususnya di wilayah perguruan tinggi Berdasar hasil riset oleh Alvara Research Center pada tahun 2017 lalu menyebutkan presentase mahasiswa yang setuju dengan negara Islam dan perlu diperjuangkan untuk penerapan islam secara kaffah mencapai angka 23,5% lebih tinggi disbanding pelajar (16,3).

Ditambah lagi hasil riset oleh SETARA Instituse for Democrasi and Peace pada tahun 2019, menyebutkan sebanyak 10 perguruan tinggi dan 39% mahasiswa terpapar radikal oleh Direktur Riset setara Institute Dialog public deradikalisasi dan kebijakan kampus yang telah diadakan BEM Universitas Jember sudah direncanakan sebelum meletusnya pemberitaan angka radikalisme 22% mahasiswa yang terpapar radikalisme. Kronlogis atas apa yang sudah dilaksanakan ialah perencanaan-dialog public-followup-hearing dengan membawa tuntutan rekomendasi gagasan deradikalisasi.

Dialog public dilaksanakan 28 September 2019, rabu 04 Desember 2019 telah dilaksanakan follow up dialog public yang menghasilkan rekomendasi tuntutan deradikalisasi yang berupa tim Khusus, pelaksanaannya nanti adalah melakukan riset kembali mengenai pemetaan radikalisme kampus dengan target mahasiswa, dosen, dan karyawan. Mengingat pernyatan rektor bahwa tidak valid nya hasil 22% tersebut. Sedangkan BNPT menyebutkan angka tesebut lebih kecil dari pada yang dimiliki oleh BNPT. Kemudian tanggal 05 Desember 2019, BEM mengirim surat hearing kepada rektorat dengan membawa apa yang menjadi rekomendasi ke depannya perlu dilakukan Unej. Akan tetapi, hal ini Unej karena ada rapat pimpinan pada hari Jum’at 06 Desember 2019, sehingga audiensi pun gagal dilakukan dan diganti di hari Senin 09 Desember 2019.

Akan tetapi, lagi-lagi Unej membatalkan audiensi. Sehingga dengan ditemukannya data permasalahan dan tantangan radikalisme yang berada di Kampus Unej maka kami akan aksi turun jalan menutut pihak rektorat menindaklanjuti gerbong besar benih-benih islam radikal di seluruh civitas akademika Universitas jember