Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Madura Meriahkan Hari Besar Bahasa Arab Se-Dunia
Cari Berita

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Iain Madura Meriahkan Hari Besar Bahasa Arab Se-Dunia

Sunday, December 22, 2019


Oleh : Wasilah
(Mahasiswi PBA Semester VII)
    Bahasa arab adalah salah satu bahasa internasional yang banyak diminati penduduk luar maupun dalam negeri. Tak heran, bahasa arab menjadi salah satu bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris serta menjadi bahasa ke-6 dari 22 bahasa negara di seluruh negara. Walaupun demikian, bahasa Arab telah menjadi buah bibir di kalangan masyarakat karena mempunyai satu hari besar atau yang biasa di peringati setiap tahunnya dengan istilah “Hari Besar Bahasa Arab Se-Dunia” yang berlangsung pada tanggal 18 desember yang telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Inisiatif tersebut dicerahkan oleh maroko dan Arab Saudi yang menginginkan bahasa Arab menjadi bahasa resmi yang diakui oleh seluruh negara.
IAIN Madura atau yang dulu di kenal dengan sebutan Stain Pamekasan merupakan salah satu Instansi Terbesar kedua di pulau Madura yang mempunyai visi membangun dan memberdayakan ilmu agama islam dengan mengintegrasikan dan menginternalisasikan ketangguhan karakter moral, kesalehan nurani/spiritual dan ketajaman/nalar emosional untuk mewujudkan masyarakat madani. Hal itu, sudah membuktikan bahwa pada kampus IAIN Madura ini mengedepankan pemberdayaan terhadap ilmu agama islam. Salah satunya ialah bahasa arab atau bahasa al-Qur’an.  
Bahasa arab menjadi salah satu program studi yang bisa di bilang sedikit diminati di kalangan kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN Madura). Walaupun demikian, hal tersebut tidak mengurangi rasa cinta terhadap bahasa arab sendiri. Karena sulitnya di pahami, jumlah mahasiswa di program studi bahasa arab bisa dibilang minoritas di bandingkan dengan program studi lainnya. Namun, semangat dan antusias mahasiswa dalam mempelajari bahasa agama mereka sangat besar.
 Setiap tahunnya, perayaan hari besar bahasa arab se-dunia yang terjadi di kampus IAIN Madura sangatlah berbeda. Pada beberapa tahun yang lalu, biasanya perayaan di kemas dengan seminar, bagi-bagi bunga kepada masyarakat di setiap jalan atau pembuatan benner dari para tokoh masyarakat saja. Namun, berbeda halnya pada peringatan yang terjadi pada tahun ini (18 desember 2019). 
Seperti halnya tahun lalu, peringatan pada 2019 ini juga di meriahkan oleh beberapa benner ucapan hari besar bahasa arab dari berbagai kalangan. Baik dari kalangan mahasiswa sampai tokoh masyarakat yang sudah suses. Benner tersebut di letakkan di tembok gedung, halaman kampus dalam dan halaman luar kampus. Menariknya lagi, perayaan refleksi hari besar bahasa arab se-dunia tahun ini di kemas dengan tema “Membumikan bahasa arab dengan keindahan bahasanya” dan “Kirab mahasiswa pendidikan bahasa arab” dan dilanjutkan oleh pelepasan balon oleh rektor IAIN Madura (Mohammad Kosim) di halaman kampus IAIN Madura yang di ikuti oleh para pimpinan kampus dan seluruh mahasiswa program studi pendidikan bahasa arab, pada pagi tadi.
Aktivitas tersebut berhasil meninggalkan bekas bagi setiap kepala yang menyaksikan perayaan sakral tersebut. Mulai dari pimpinan, dosen, bahkan mahasiswa yang berada di sekitar lokasi. Bahkan menurut sebagian mahasiswa yang menyaksikan kegiatan tersebut, semangat para penggerak bahasa al-Qur’an sangatlah luar biasa. Tak hanya itu, banyak dukungan dan respons positif yang berdatangan. Terutama dari para dosen dan mahasiswa non-PBA sendiri. Mereka juga memberikan respons positif terhadap mahasiswa pendidikan bahasa arab yang memeriahkan acara tersebut.