"Dosa-Dosa" BUMN PT. Garam (Persero) Kepada Warga Sumenep
Cari Berita

"Dosa-Dosa" BUMN PT. Garam (Persero) Kepada Warga Sumenep

Rumah Inspiratif
Thursday, December 26, 2019

Jatim Aktual-Sumenep,  Poros Pemuda Maritim Indonesia (PPMI) Sumenep Madura, mengadakan Fokus Gruop Discussion (FGD) dengan tema, "Membongkar Mafia Ilegal, Siapa dalang?, kamis, (26/12/19).


Dalam kesempatan tersebut juga menyinggung "Dosa-Dosa yang dilakukan BUMN PT. Garam (persero).

Berikut Poin-Poinnya :

Khusus untuk Persolan BUMN PT. Garam (Persero) ada beberapa persoalan krusial yang terjadi didalamnya yang akan kami ungkap antara lain :
1). Hadirnya PT. Garam ke sumenep belum berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian petani garam di Sumenep

2). Masalah Ketenaga kerjaan harian yang diduga tanpa dilakukan proses kontrak tertulis hal ini juga ada indikasi telah terjadi MarkUp jumlah pekerja yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan

3). Adanya dugaan perlakuan sewenang-wenang terhadap penggarap lahan pegaraman hasil kerjasama antara rakyat dengan PT. Garam dimana diduga melaui “tangan-tangan” PT. Garam yang intervensi kepada petani untuk menyetorkan dan harus menjual hasil produksinya kepada PT. Garam dengan harga yang ditentukan oleh PT. Garam secara sepihak, hal ini oleh masyarakat petani diistilahkan dengan “Kerja kepada KOMPENI”.

4). Adanya dugaan permainan dalam pengadaan barang dan jasa yang ada di PT. Garam Persero dimana pihak oknom pegawai hanya “Pinjam Nama” CV dan atau PT kepada pihak lain.

5). Adanya dampak pencemaran dan dugaan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktifiatas pegaraman PT. Garam (Persero) yang tidak memeperhatikan UKL/UPL lingkungan yang akibatnya berdampak terhadap pertanian dan kebersihn lingkungan masyarakat disekitar pegaraman.

6). Untuk Mafia BBM diduga tindakan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang ini diduga telah disengaja dan atas sepengatahuan pejabat di internal PT. Garam

Oleh karenanya untuk persoalan PT. Garam (Persero), PPMI disamping akan mendesak pihak penyidik POLDA JATIM melakukan pengembangan penyidikan untuk membongkar tindak pidana hingga ke korporasi yang terlibat dan menjerat oknum2nya dengan pasal Tindak pidana korupsi

PPMI akan kirim surat kepada Kapolda dengan tembusan Kapolri/IRWASUM dan akan melakukan Audensi dengan Penyidik POLDA JATIM untuk mendesak dan mendukung pengungkapan Mafia BBM ini ditingkat korporasi BUMN dan BUMD tersebut.

PPMI akan melayangkan surat kepada Menteri BUMN di Jakarta dengan tembusan Presiden RI untuk menyampaikan bobrokan persoalan PT. Garam (Persero) dan meinta kepada Menteri BUMN untuk mengevaluasi dan memecat DIREKSI PT. Garam (Persero) yang sedang menjabat saat ini karena sudah gagal dan tidak mampu mengembangkan dan mendatangkan kesejahteraan bagi petani garam dan pengelolaan perushaan Negara.

PPMI akan mengawal kasus ini baik dengan Audensi, invstigasi dan Aksi massa hingga kasus ini betul-betul tuntas dan menyeret para pejabat korporasi BUMN dan BUMD tersebut ke meja hijau.
___________
Wartawan : Fairus
Editor        : Rofiki