"Korlap" Beraksi, Banyak Bantuan Hibah Diluar Sepengetahuan Kades.

Ilustrasi. kupastuntas.co
Jatimaktual.com, Pamekasan.- Terkait Paket Bantuan Hibah Provinsi jawa timur yang menumpuk di sejumlah Desa di Kabupaten Pamekasan secara perlahan mulai terungkap. Kepala Desa Palengaan Laok Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan saat ini sudah berkomentar terkait bantuan yang jumlahnya sekitar 53 Paket.


Menurutnya, dari 53 (lima puluh tiga) paket bantuan hibah tersebut banyak yang tidak diketahui oleh pihak Desa. Dengan alasan pada saat pelaku pokmas meminta tanda tangan kepala desa ketika diminta arsip mereka tidak memberikan. Sehingga desa tidak memiliki arsip. Bahkan kepala desa mengintruksikan untuk mengkonfirmasi langsung ke korlap pokmas masing-masing. Pihaknya memastikan semua pokmas di desa palengaan laok ada korlapnya semua. Sehingga realisasi pekerjaan dari bantuan hibah tersebut bisa dipastikan banyak yang "bodong" mengingat Perangkat desa seolah tidak tahu-menahu soal keberadaan Pokmas.


Sedangkan sebelumnya, pihak UPT PJJP menyatakan dengan tegas bahwa Kepala Desa dan Ketua Pokmas harus bertanggung jawab atas bantuan yang diterima dan direalisasikan di desa setempat.


Hasil informasi yang dihimpun jatimaktual.com, terdapat salah satu realisasi bantuan hibah dikabupaten pamekasan yang terindikasi fiktif dan tumpang tindih. Sehingga Gubernur Jawa Timur,  Biro, Dinas Terkait untuk melakukan evaluasi kembali. dan Subdit III Tipidkor Polda jatim untuk segera melakukan lidik. Mengingat menumpuknya anggaran yang terkesan liar (banyak tidak diketahui oleh Kades/Pura-pura tidak tahu) agar keberadaan bantuan tersebut tidak mubadzir.


Bersambung ke edisi berikutnya. Terkait jumlah dan anggaran bantuan hibah se kabupaten Pamekasan tahun 2018.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment