Kemarau Panjang, Masyarakat Pamekasan Bersama Para Santri Melaksanakan Sholat Istisqo

PAMEKASAN, jatimaktual.com- Menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan, masyarakat Pamekasan bersama para santri melaksanakan Sholat Istisqo di Lapangan Garuda di dusun Glugur 2, Desa Palengaan Laok, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan,Jum’at (11/10/2019).

Sholat yang dipimpin langsung oleh RKH.Moh.Mudatsir Badruddin tersebut dimulai pukul 06:30 hingga selesai.

RKH.MOH.Mudatsir Badruddin dalam
Khutbahnya menyampaikan,  Sholat Istisqo adalah Sholat Sunah yang dilakukan untuk meminta kepada Allah untuk diturunkannya hujan.

“Sholat ini dilakukan bila terjadi kemarau yang panjang atau karena dibutuhkannya hujan untuk keperluan/hajat oleh masyarakat banyak yang sekarang ini lagi kemarau panjang," tuturnya.

“Hujan adalah karunia Allah Swt yang besar, segala kehidupan berasal dari air bahkan termasuk tubuh yang sehat dan kuat, Hukum Shalat Istisqo adalah Sunnah Muakkadah bagi yang terkena musibah kelangkaan air untuk minum dan kebutuhan lainnya dan dianjurkan bagi kaum muslimin lainnya yang masih mendapatkan air, sebagai bentuk ukhuwah dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan,” Imbuh RKH.Mudatsir Badruddin yang juga sebagai Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum Panyepen.

Dia menambahkan, kemaksiatan adalah menjadi salah satu penyebab sehingga Allah Swt memberikan cobaan kepada umat manusia, salah satu cara meminta ujan adalah istiqfar dan bertaubat kembali kepada syariat-syariat Allah, meninggalkan kemaksiatan-kemaksiatan sehingga membuka pintu rahmat Allah SWT.

“Semuga dengan adanya sholat Istisqo ini dapat memberikan petunjuk dan ampunan oleh Allah Swt dan juga di dikabulakan permintaan sholat memohon hujan,"imbuhnya. (Heb)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment