Bantuan Ternak "Terpenggal" di Pamekasan.

Ilustrasi. ijenpost.net
Jatimaktual.com, Pamekasan.- Sejumlah Desa di Kabupaten Pamekasan Madura Jawa Timur mendapat bantuan hibah ternak sapi tahun 2017-2018 dengan anggaran mulai dari Rp. 80-200juta. sayangnya, Dana bantuan tersebut di potong oleh Korlap sehingga anggaran yang seharusnya terserap 100% kepada masyarakat malah masyarakat tidak tahu, karena bukan bantuan uang yang diberikan kepada pokmas oleh korlap, melainkan barang, berupa sapi sebanyak 8 ekor, dan harga pembelian sapi yang sebenarnya pihak pokmas pun tidak tahu. Apakah seharga tujuh juta lima ratus rupiah sesuai informasi yang disampaikan korlap ke pokmas. Atau dibawah itu?. (Semua Bisa Terjadi, karena Tanpa Keterbukaan Kepada Pihak Pokmas)

Hasil keterangan Bendahara yang juga merupakan orang tua dari ketua Pokmas di Desa Galis Kecamatan Galis Pamekasan bahwa awal mula bantuan tersebut dikasih oleh seseorang yang pada waktu itu memiliki kepentingan. Dan dari awal ada beberapa perjanjian yang di bangun antara korlap dengan pihak pokmas. Salah satunya terkait kontrak bantuan. 

Keberadaan bantuan tersebut oleh korlap diakat sebagai "Cash Tempo" selama tiga tahun. "apabila sudah sampai tiga tahun maka sapi itu harus dikembalikan". Sehingga pokmas mau mengelola seperti apapun sudah tidak ada persoalan mengingat perjanjian dengan korlap tersebut, yang terpenting menurut pokmas setelah tiga tahun, wujud sapi tersebut ada. Sehingga sebagian sapi saat ini sudah terjual. 

Ketua Pokmas D (inisial) membenarkan adanya pernyataan orang tuanya yang juga menjabat sebagai bendahara dalam struktur Pokmas. " intinya apa yang disampaikan oleh orang tua itu semua benar. Kami hanya menerima sapi. Tidak tahu anggaran aslinya." Ujarnya saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya. 

Sekedar diketahui bahwa bantuan hibah Ternak Provinsi Jawa Timur tahun 2017-2018 di Kabupaten Pamekasan antara lain Berlokasi di;

1) Desa Proppo Kec. Proppo. (Ternak Ayam) 2017
2) Kel. Barurambat Timur Kec. Pamekasan. 2017.
3) Desa Bunder Kec. Pademawu
4) Desa Galis Kec. Galis
5) Desa Konang Kec. Galis
6) Desa Polagan Kec. Galis
7) Desa Blumbungan Kec. Larangan
8) Desa Akkor Kec. Palengaan
9) Desa Tanjung Kec. Pademawu
10) Desa Pademawu Barat Kec. Pademawu
11) Desa Tambung Kec. Pademawu
12) Desa Padelegan Kec. Pademawu
13) Desa Pamaroh Kec. Kadur
14) Desa Majungan Kec. Pademawu

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment