Semarakan Hari Olahraga Nasional, Ruang Belajar Aqil dan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial UMM Selenggarakan Piknik Keluarga

Pelaksana bersama Peserta Piknik Keluarga (Foto: Ruang Belajar Aqil, 2019)

Ruang Belajar Aqil melaksanakan Piknik Keluarga dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap 9 September dengan tema “Olahraga Sehat! Olahraga Cermat!”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Relawan Tetap RBA, Relawan Magang dan Mahasiswa Praktikum dari Jurusan Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada Sabtu lalu (7/9/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara orang tua dan anak melalui kegiatan olahraga sebagaimana disampaikan oleh Zinedine Syafiq Yahya selaku penanggungjawab kegiatan. Laki-laki yang kerap dipanggil Zine ini menambahkan bahwa interaksi antar orang tua dan anak merupakan hal yang sangat penting karena melalui interaksi tersebut pembelajaran anak semakin baik, hubungan anak dan orang tua semakin baik dan suasana dalam keluarga semakin hangat.
Piknik Keluarga dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional ini merupakan upaya untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum, saat dan setelah berolahraga untuk keluarga. Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dan orang tua dari lingkungan sekitar RBA serta masyarakat umum.

Kegiatan yang digelar di Jalan Cempaka No. 1 Lowokwaru, Kota Malang ini dimulai pada pukul 13.00 hingga 17.00 WIB. Piknik Keluarga ini terdiri dari beberapa kegiatan meliputi Lokakarya P3K, Donor Darah, Kudapan Sehat, Olahraga Tradisional, serta Olahraga Rekreasi.
Lokakarya P3K diikuti oleh anak-anak dan orangtua, tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai resiko cedera serta penanganannya yang mungkin akan dialami saat berolahraga. Interaksi anak dan orangtua dalam lokakarya ini ditujukan agar orangtua dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap risiko cidera yang bisa dialami anak saat melakukan olahraga sehari-hari.

Kegiatan lainnya dalam Piknik Keluarga ini adalah lokakarya Kudapan Sehat yang diikuti oleh para orangtua, tujuannya agar orangtua dapat mengetahui variasi makanan sehat yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sesudah berolahraga.

Lokakarya Kudapan Sehat ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Olahraga Tradisional dan Olahraga Rekreasi yang diikuti oleh adik-adik usia 5-12 tahun. Adik-adik mendapatkan berbagai pembelajaran melalui proses pembelajaran yang menyenangkan selama mengikuti kegiatan Olahraga Tradisional dan Olahraga Rekreasi. Rangkaian kegiatan Piknik Keluarga ini mendapat respon yang baik dari peserta, salah satunya Ibu Resna yang menyatakan bahwa “Kegiatannya menyenangkan, menambah pengalaman serta bisa bikin deket dengan anak.”

Dibantu oleh Mahasiswa Praktikum dari Kesejahteraan Sosial UMM, Piknik Keluarga untuk Memperingati Hari Olahraga Nasional yang diadakan oleh Ruang Belajar Aqil ini berjalan lancar hingga akhir kegiatan. RBA mengupayakan setiap kegiatan yang direncanakan dapat memberikan manfaat dan pembelajaran yang relevan tidak hanya bagi peserta namun juga panitia. "Piknik Keluarga ini membawa banyak sekali pembelajaran mulai dari bagaimana kita mampu belajar berkomunikasi dengan efektif serta melatih kesabaran karena harus menghadapi anak-anak.” ucap Cindi salah satu Mahasiswa Praktikum dari jurusan Kesejahteraan Sosial, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Toni, salah satu peserta kegiatan yang berasal dari Barcelona, Spanyol menyampaikan, “This is a really nice event because today is the sports day in Indonesia, in Malang and what we did today is basically organising game for the kids. We organise several games and there are a lot of kids and they are having fun. They are laughing, they are spending a nice time. It is really nice to organise this event, it is very nice and I hope that we can continue organising this event because people are really enjoying and it is a thing that we don’t have in Catalonia, I am from Barcelona. I will hold this, I would like to hold this in my neighborhood.”

Kegiatan ini ditutup dengan makan Kudapan Sehat serta foto bersama. (Credit: Wofi dan Tara).

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment