Bertempat Di Lapangan Terbuka Al-Amien Prenduan, Acara Apel Tahunan 2019, Pagi Tadi Berjalan Lancar

Jatim Aktual - Sumenep, Berikut Point-point penting yang disampaikan Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan,  Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA

Bismilahirrahmanirrahim

1. Pada tahun 2019, Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan memasuki usia ke-67 tahun. Alhamdulillah Al-Amien Prenduan tetap eksis, maju, dan berkembang. Pada tahun ajaran ini  jumlah santri di seluruh lembaga : 8.338 orang ditambah guru-guru dan para dosen kurang lebih semuanya 10 ribu. Jangan terlena dengan kuantitas. Ingat perkataan Abu Bakar As-Shiddiq: 

اللهم أنت أعلم بنفسي مني، وأعلم بنفسي منهم ،  اللهم اجعلني خيرا مما يظنون واغفر لي مما لا يعلمون ولا تؤاخذني بما يقولون.

“Ya Allah, Engkau lebih tahu tentang diriku daripada diriku sendiri, Engkau lebih tahu tentang diriku daripada mereka. Ya Allah! Jadikan aku lebih baik dari apa yang mereka duga, ampuni aku dari segala apa yang tidak mereka ketahui, dan jangan siksa aku dengan apa yang telah mereka katakan!”

Kita mesti sekuat tenaga dan pikiran untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas di semua aspek pondok ini. Hanya dengan cara itu, tingginya akan kuantitas akan menjadi kekuatan dan mampu mendatangkan barokah lebih bagi pondok kita. Semua pihak harus serius, harus bersungguh-sungguh, untuk memberikan pengabdian terbaik bagi pondok kita ini.

 آن الله يحب عبدا إذا عمل عملا أن يتقن
"Allah senang kepada seorang hamba jika berbuat dia telaten dan sungguh-sungguh!"

2. Prestasi apa pun yang diraih pondok saat ini atau di masa mendatang, tidak pernah lepas dari peran dan perjuangan para masyayikh pondok ini, mulai dari almarhum Kiai Chatib, Kiai Djauhari Chotib, KH Moh Tidjani, KH. Moh Idris Jauhari, KH Maktum Jauhari, dan para kiai lainnya. Kita tidak saja cukup mengenang jasa-jasa almarhumim, yang paling penting adalah merawat, menjaga, mempertahankan serta mengembangkan semua warisan para almarhumin dengan senantiasa berbuat yang terbaik untuk pondok. Mudah-mudahan almarhumin senantiasa memperoleh ridha Allah dan ditempatkan di surga firdaus-NYA. Amin. Alfatihah.

Karena itu, semua santri & guru Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan harus memahami sejarah pondok serta menghayati dengan benar setiap kebijakan pimpinan, program-program jangka pendek dan jangka panjangnya agar tidak berfikir individual, tidak berfikir sektoral, hanya memikirkan urusannya sendiri. Ujung-ujungnya menjadi kontraproduktif dan merugikan pondok. Jangan lagi ada yang berfikir, apa yang didapat di Pondok? Tetapi, apa yang bisa diberikan untuk pondok?

Kita tidak mengharap kecuali kepada Allah SWT. Kurikulum kita adalah Al-Qur’an dan Sunnah, nilai-nilai pondok itulah kurikulum kita . Selama kita  menjalankan kurikulum ini, Insya Allah pondok akan jaya.

3. Di pondok, kita melihat para santri dan santriwati sebagai anak-anak surga. 

كأنهم ولدان مخلدون إذا رأيتهم حسبتهم لؤلؤا منثورا
"Mereka seperti wildan ( anak-anak surga) yang dikekalkan, jika kau melihat mereka seolah engkau melihat intan permata yang bertebaran!"

Para santri adalah sumber keunggulan. Keunggulan itu terwujud dalam sikap kebersamaan, ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah basyariah. We are one. Kita adalah satu kesatuan. Satu jiwa. Satu ruh. Kita wajib menjaga prinsip ini. Kebersamaan adalah salah satu kunci keberhasilan pondok. Berupayalah  untuk terus belajar. Apel tahunan ini menunjukkan dinamika  الروح الجماعي

Para santri tidak boleh mabuk gaya, pura-pura ilmiah, kena bisikan setan, lalu jadilah liberal. Kerjanya hanya membodohi umat yang sudah bodoh. Alhamdulillah,  Al-Amien Prenduan aman, mencetak kader ulama yang istiqomah, tidak liberal, tidak radikal dan senantiasa merawat wasathiyatul Islam. Karena itu, Pondok akan terus istiqamah menjadi sumber mata air kebaikan dan kejujuran serta nilai-nilai kebenaran.

4. Ke depan, Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan menghadapi tantangan yang tak kalah beratnya, baik internal maupun eksternal. Karena itu, semua komponen dan elemen pondok harus bersatu-padu menegakkan nilai-nilai pondok. Mulai dari karyawan hingga elemen yang paling tinggi, wajib mempertahankan pondok dari semua fitnah yang sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai ada yang mengotori nilai-nilai dan prinsip-prinsip pondok. Sedikit memberi barokah tapi mengotori lebih banyak.

Tahun ini, kita mantapkan diri sebagai tahun kualitas, tahun pemantapan status, orientasi, struktur dan kultur ke-al-amien-an. Semua lembaga dan organ yang berada di bawah Al-Amien Prenduan harus menjalankan itu, tentu saja sesuai kapasitas dan kemampuan yang dimiliki masing-masing. Semuanya harus melakukan evaluasi diri serta menyusun langkah-langkah strategis untuk meraih kemajuan di masa mendatang. Tiada hari tanpa inovasi, tiada hari tanpa meraih prestasi.

5. Terakhir, sekali lagi, usia pondok sudah mencapai 67 tahun, usia ini tidak akan bernilai apa-apa apabila pondok dan segenap penghuninya tidak mampu merealisasikan ajaran “Amanu wa 'amilus  sholihat (tidak beriman dan beramal sholeh) sehingga kelak, “Madza qulta birobbika?” (Apa yang akan kau katakan di hadapan Tuhanmu kelak ?). Dengarkan baik-baik! Jangan berputus asa;

لا حياة مع اليأس ولا تيأس مع الحياة
"Tidak akan ada kehidupan yang diiringi dengan sifat putus asa, dan tidak perlu ada keputus asaan dalam kehidupan"

Ya Allah lindungilah kami
Lindungilah guru-guru dan murid-murid kami.
Lindungilah Keluarga Besar Pondok Pesantren Alamien Prenduan dengan taufiq dan hidayah Mu
Bekalkanlah kepada kami ilmu yang bermanfaat
Kekuatan lahir dan bathin
Karunialah kami Keluarga Besar Pondok Pesantren Al-Amien kesehatan, kekuatan, kesabaran, ketabahan, istiqomah mengembangkan pondok ini.
Bukakanlah jalan yang terbaik bagi kami, menuju ridho-Mu Ya Allah.

Ya Allah…..
Ampunilah dosa kami, dosa orang tua-orang tua kami, dosa para syuhada’ pondok ini,
dan semua yang berjasa kepada pondok ini
Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.
Jauhkanlah kami dari hasad dan dengki.
Bersihkanlah kami dari takabbur dan riya’.
Tumbuhkanlah kekompakan dan kebersamaan dalam jamaah kami.

Ya Allah…..

اللّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
اللّهُمَّ سَهِّلْ أُمُوْرَنَا وَيَسِّرْ أَعْمَالَنَا وَحَقِّقْ آمَالَنَا وَقَوِّنَا وَثَبِّتْ أَقْداَمَنَا وَبَارِكْ لَنَا وَوَفِّقْنَا فِى كِفَاحِنَا وَجِهَادِناَ وَرِيَاسَتِناَ فِى هذَا الْمَعْهَدِ، يَا الله. 
رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْياَ حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً  وَقِناَ عَذَابَ النَّارِ, سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Allahu Akbar!   Allahu Akbar!   Allahu Akbar. (rls)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment