Seminar Kepemimpinan, generasi Millennial tuntut menjadi future leaders

Jatimaktual.com, Pamekasan. -Kelompok Pengabdian Masyarakat (KPM) Institut Agama Islam (IAIN) Madura menggelar seminar kepemimpinan yang bertujuan untuk menyiapkan para generasi muda menjadi pemimpin di Masa Depan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari senin 5 agustus itu, digelar di Auditorium Perpustakan Madrasah aliyah (MA) Pondok Pesantren Nurus Sholah Batu Labang Akkor Palengaan Pamekasan, dan mengambil Tema, integritas pemimpin generasi millennial di Era Revolusi industry 4.0.

Menurut ketua panitia seminar kepemimpinan mukhtar menyampaikan, agenda penyiapan para pemimpin dimasa depan harus sering dilakukan mengingat pentingnya pemimpin andal dimasa depan.

“jadi dengan adanya acara ini kami berharapa ada efek positif kepada para peserta seminar yang notabeninya adalah santri dipondok pesantren, sehingga termotivasi untuk menjadi pemimpin di masa depan,”  paparnya.

Sementara itu, Pembicara dalam Seminar kepemiminan Khoyrul Umam Syarif menyampaikan, seorang pemimpin harus mempunya kompetensi yang cukup untuk mengatur para anggotanya sehingga dapat menjalankan roda kempemimpinan.

“ beberapa keahlian yang harus dimilik oleh seorang pemimpin diantaranya, interpersonal skil,yang terdiri dari; harus bisa menerima aspirasi dan persepsi dari semua golonga, komunikasi yang baik agar tujuan yang ingin dicapai bisa runut sesuai dengan yang ditargetkan, bisa membangun jaringan seluas-luasnya, bisa menjad pemecah maslah dari setiap persolan yang timbul di organisasi yang dipimpin,” paparnya.

Tidak cukup itu jurnalis muda Kabar Madura  itu untuk bisa mengadapi revolusi industri. 4.0 sebagai seorang pemimpin harus multi talent yang dibarengi dengan kemampuan dibidang administrative.

“Seyogyanya penguasaan tekhnologi menjadi prasyarat utama dalam menghadapi revolusi industry 4.0 apalagi seorang pemimpin karena nantinya Kecepatan, keluasan dan kedalaman, mempunyai dampak sistemik (terhadap negara, masyarakat, industri, dan perusahaan) yang berbasis technology,” tuturnya.

Jadi Pemimpin di era millennial harus pinter membaca peluang dan menciptakannya, sehingga orang di pimpin bisa berdaptasi positif dengan perubahan yang murni adanya, dengan demikian integritasnya tetap terjaga dalam situasi dan kondisi apapun.*

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment