Penanaman Bibit Jeruk Oleh KKN 38 UMM Bersama Perangkat Desa Brongkal kerjasama dengan Balitjestro Batu dan DPPM UMM

Jatimaktual.com, Malang, - Mahasiswa KKN kelompok 38 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bertempat di desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran. melaksanakan penanaman bibit jeruk yang bekerja sama dengan Balitjestro (Balai Penelitian Tanaman Jeruk Dan Buah SubTopika) Batu dan DPPM UMM  pada Senin (5/08/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa KKN 38 Beserta Perangkat Desa Brongkal, Kec.Pagelaran. Buah Jeruk merupakan komoditas buah unggulan nasional karena memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan dan adaptasi yang sangat luas serta sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia. 

“Penanaman jeruk ini diharapkan nantinya bisa menjadi salah satu penghasilan untuk membantu pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan Desa Brongkal, Karena buah Jeruk sangat popular dikalangan masyarakat” Ujar Bapak Ali Hasan Selaku Kepala Desa Brongkal, Kec.Pagelaran.

Sebelum penanaman jeruk dilaksanakan, mahasiswa KKN 38 Melakukan kerja bakti menyiapkan lahan untuk penanaman yang membutuhkan waktu 2 Hari. Terdapat 100 bibit jeruk yang siap tanam yang memiliki 3 jenis . “ Balitjestro Batu Memberikan bantuan bibit jeruk dengan tiga jenis yaitu keprok Madura, Keprok Terigas dan Siam Madu yang semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Brongkal“ Ujar Pak Irfan (DPL KKN 38).

Selain memiliki bibit jeruk yang didapat dari Balitjestro Batu, Pemilihan lokasi penanaman jeruk juga perlu dilakukan agar jeruk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik , Rasyid selaku kordes KKN 38 UMM menuturkan bahwa kunci sukses penanaman jeruk tidak hanya dilihat dari jenis bibit jeruk, namun juga lokasi, penyiapan lahan dan pemeliharaan tanaman.

Tujuan kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 hari ini adalah untuk menumbuhkan potensi pendapatan baru pada masyarakat Desa Brongkal melalui buah jeruk, yang sebelumnya hanya tanaman tebu yang menjadi sumber penghasilan masyarakat Desa Brongkal, Kec. pagelaran.*

÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷


Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment