Mengatasi Kebutuhan Pangan Dan Gizi di Desa Bongkal KKN 38 Mengadakan Sosialisasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)

Jatimaktual.com, Malang,- Mahasiswa KKN kelompok 38 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bertempat di desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran. Devisi Ekonomi dan Kewirausahaan Mengadakan “sosialisasi Kawasan Rumah  Pangan Lestari”. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kader dan Ibu PKK desa Brongkal yang dilaksanakan pada (26/07/19)

Kegiatan ini bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi  berbasis sumberdaya lokal dengan mengoptimalisasi yang dimiliki melalui pekarangan rumah dalam menyediakan pangan bagi keluarga optimalisasi pemanfaatan pekarangan melalui Konsep Rumah Pangan Lestari (KRPL) .

KRPL adalah rumah penduduk yang mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumber daya lokal yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. 

KRPL  dikembangkan secara luas berbasis dusun (kampung), desa, atau wilayah lain yang memungkinkan dengan memanfaatkan fasilitas umum pagar hidup, jalan desa, atau fasilitas lainnya.

“Tujuan dari sosialisasi Kawasan Rumah pangan Lestari ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dari sumber daya lokal yakni desa Brongkal dapat dioptimalkan melalui pekarangan rumah atau lahan yang tersedia dengan konsep KRPL itu sendiri” Ujar Alfian Miftaqul Hanafi Selaku ketua pelaksana.


Bibit yang diberikan yaitu bibit kangkung dan bibit sawi serta polybag sebagai media tanam. Peserta kader PKK sebanyak 50 orang yang turut antusias dalam acara tersebut. Harapannya kader PKK dapat meneruskan menanam bibit yang telah diberikan di pekarangan masing- masing. 

Bu kepala Desa Brongkal menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini sangat penting dilakukan karena pangan dan gizi merupakan hal yang pokok dengan memanfaatkan sumberdaya lahan yang ada terutama di Desa Brongkal.


÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷


Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment