Kembangkan Produk Jamu Instan, PKK Desa Karangrejo Bersama Mahasiswa KKN 124 UMM Lakukan Kolaborasi

Jatimaktual.com, Malang,- Jamu adalah obat tradisional yang sejak dulu telah menjadi ciri khas orang Indonesia. Banyak sekali nama jamu yang dapat diproduksi dan bahan bakunyapun bermacam-macam. Setelah jamu itu diolah juga akan mempunyai khasiat yang berbeda-beda bagi yang mengkonsumsinya, banyak sekali olahan jamu yang dapat ditemui sejak dulu.

Seperti yang biasa kita ketahui, jamu gendong merupakan salah satu cara pemasaran dari jaman dulu. Dengan menggendong botol-botol yang berisikan berbagai macam jamu, penjual menjajakan dagangannya dari rumah kerumah. Seiring perkembangan jaman, ternyata hal itu dirasa kurang efektif.

Ibu Winarti selaku istri dari Kepala Desa Karangrejo yang juga tergabung dalam PKK mengatakan bersama-sama mencari terobosan baru untuk pemasaran produk hasil olahan asli dari Karangrejo ini. Bersama Mahasiswa KKN 124 UMM  yang dibimbing Dra. Erna Retno Rahadjeng, MM., salah satu strategi pemasaran yang dilakukan, yaitu dengan membuat olahan jamu berbeda dan kemasan yang lebih kekinian, sehingga produk jamu terlihat lebih menarik dan harapannya mampu meningkatkan daya jual.

Jamu instan dengan merk "Shofi" ini diproduksi dengan olahan kering dimasukkan kedalam toples dengan tutup press agar penyimpanannya mudah dan tetap terjaga dengan baik serta mempunyai daya simpan yang cukup lama.

Daru Hanif Pramuditya selaku Kadiv Ekonomi dan Kewirausahaan KKN 124 UMM, menambahkan kehadiran mahasiswa KKN di Desa Karangrejo ini merupakan ajang pembelajaran dan sharing pengetahuan. “Kami berharap dapat memberi manfaat lebih kepada warga desa,” tukasnya sambil menambahkan bahwa yang digunakan untuk pengolahan jamu terbuat dari bahan-bahan alami yang berkualitas baik.

*Program Kerja : Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan bersama PKK Desa Karangrejo*
*Dosen Pembimbing Lapang (DPL) : Dra. Erna Retno Rahadjeng, MM.,*
*Direktorat Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang*

===============================

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment