Pandangan Islam terhadap tren Hedonisme

Jatimaktual.com,- Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa kehidupan manusia adalah mencari dan memperoleh kebahagiaan sebanyak-banyaknya, dan menghindari dari perasaan yang menyakitkan, hedonisme yang saat ini lebih dikenal dengan kata ‘hedon’ yag mulai digemari masyarakat masa kini, mulai dari masyarakat kelas menengah, hingga selebgram dan artis papan ataspun ikut terjangkit tren ‘hedon’ ini.

Perilaku Hedon disini dapat dilihat dari perilaku masyarakat yang komsumtif dan cendrung menghambur-hamburkan uang alias boros, untuk keperluan shopping mulai dari baju dan makanan, alat eletronik untuk sekedar gaya hidup, jalan-jalan, dan keperluan lain yang tidak lebih hanya untuk mendapatkan kesenangan yang bersifat duniawi saja.

Didalam Islam Perilaku hedon termasuk kategori sifat boros, takabur, kikir dan kurang bersyukur dan perilaku tersebut sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebagai umat Islam sikap hedon sangat dilarang dan diharamkan, karena memiliki dampak negatif yang sangat merugikan diri sendiri maupun orang lain meskipun Pada dasarnya  Hedonisme memberikan dampak positif juga namun lebih cendrung ke arah negatif.

Perilaku hedon dipengaruhi dari beberapa faktor dari eksternal maupun Internal, antara lain sikap manusia yang selalu merasa kurang puas dengan apa yang dimilikinya saat ini. Sikap inilah yang memicu timbulnya perasaan untuk mencari kesenangan yang lebih lagi. Pengaruh lainnya timbul karena hubungan sosial mulai dari kerabat, teman ataupun saudara yang dilihat ‘lebih’ dari diri kita sendiri, sehingga muncul sikap ingin sepertinya atau melampauinya. 

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi sifat Hedon dan menciptakan perilaku yang egois, komsumtif dan individualisme

Larangan Islam terhadap perilaku hedon yang dapat dilihat dalam Qs. Huud:116 yang artinya “ dan orang-orang yang zalim yang hanya mementingkan kenikmatan yang mewah yang ada pada mereka, dan mereka adalah orang-orang yang berdosa.” Sudah sangat jelas betapa Islam sangat membenci perilaku hedon yang seharusnya kaum muda generasi bangsa mampu menghindari dan mencegah sikap hedon yang sudah berkembang dimasyarakat saat ini yang hanya menjadi tipuan nafsu belaka.

Beberapa hal yang dapat mencegah hedon merasuki hidup kita yaitu dengan selalu bersyukur dengan apa yang kita punya, selalu rendah diri, dan sering-seringlah bersedekah dan berpikirlah bahwa tidak ada yang abadi didunia ini kecuali amal dan perbuatan baik kita.

Sebagai generasi Islam kita harus mampu menghindari sikap hedonisme ini, meski sering pribadi kita lupa diri dan tergelincir tapi ingatlah bahwa yang kita butuhkan bukan hanya kesenangan duniawi semata, sederhanalah! Karena nikmat cukup dan bahagia itu apabila kita bersyukur.

Penulis. Honainiyah
Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam 
IAIN Madura

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment