KPM POSKO 91 IAIN MADURA GELAR TRAINING POTENSI DESA SEKALIGUS PENYULUHAN PENDIDIKAN

Jatimaktual.com, Pamekasan- (Jum’at, 26 Juli 2019) KPM Posko 91 gelar training potensi desa sekaligus penyuluha pendidikan di desa Pagagan Kec. Pademawu Kab. Pamekasan.  

Acara ini di gelar di balai desa dengan melibatkan ibu-ibu PKK, tokoh masyarakat Pagagan , perangkat desa dan warga masyarakat desa Pagagan. Pemateri dalam acara ini adalah dosen pembimbing lapangan (DPL) posko 91 sendiri yakni Ibu Rinta Ratnawati,S,S.M.Pd yang dimoderatori oleh Hidayat Walidi mahasiswa tadris bahasa inggris semester 7 . 

Dalam hal ini pemateri memaparkan bagaiamana pentingya pendidikan bagi kelangsungan kehidupan yang lebih baik. Tidak hanya itu, pemateri juga memaparkan bagaimana salah satu keberhasilan pendidikan adalah motivasi baik dari  sisi internal dan external. “kita harus membuang mindset dan stigma miring negatif masyarakat tentang pendidikan yang ujung-ujungnya kalo perempuan larinya ke dapur, ujung-ujungnya lama untuk diangkat PNS” tegas ibu Rinta Ratnwati selaku pemateri. 

Dalam training potensi desa ini  Ulfa Ainun, Zulfa dn Jamila sebagai pemantik dalam acara tersebut lebih menekankan bagaimana memanfaatkan potensi desa yang ada di desa Pagagan ini berupa hasil laut,  karena memang  mayoritas mata pencahariannya masyarakat Pagagan 75% adalah nelayan.

 Bapak Junaidi selaku penanggung jawab kepala desa pagagan dalam sambutannya menjelaskan “ saya apresiasi acaranya adek adek ini, semoga semoga dapat memberikan progres ke depan sesuai dengan harapan yang di tuangkan menjadika desa  Pagagan Kreatif, Progresif dan Intelektualis”. 

Dalam hal ini, KPM Posko 91 juga mengenalkan produk inovasi yang mereka buat berupa krupuk YAMRI (Bayam dan Teri)  yang bahan utamanya adalah salah satu potensi yang ada di desa Pagagan adalah ikan teri. 

Maryamah, Nur Fadilah, Layvi Lavivah, mereka berharap dengan adanya acara tersebut dapat membangkitkan semangat untuk lebih memanfaatkan potensi desa Pagagan ini terutama potensi hasil laut yang menurut penulis sangat dominan dalam hal ini adalah ikan teri. 

Lebih lanjut bapak Siswanto selaku perangkat desa menambahkan bahwa semoga adek-adek KPM ini  bisa dan lebih menggali potensi yang belum di sentuh misal term (kerang) mungkin bisa membuat inovasi produk baru. Tidak hanya itu, Irfan selaku kordes posko 91, semoga acara ini bermafaat dapat meneruskan pemberdayaan yang telah posko 91 realisasikan  berupa krupuk YAMRI.  (Nafilah Sulfa IQT/7)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment