PETIK PESAN CINTA DARI SEBUAH PERBEDAAN

Oleh : Nilta Hidayatus Solekha
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) 
IAIN MADURA

Perbedaan bukanlah hal yang mengharuskan kita membuli orang yang berbeda dengan kita, akan tetapi adanya sebuah perbedaan mengharuskan kita untuk mensyukuri perbedaan yang ada. 

Banyak orang yang gagal memaknai perbedaan setiap individu maupun kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga hidupnya tidak seindah dan senyaman yang bisa ia rasakan.

Karena tak semua orang mempunyai permata (kelebihan) yang sama dan kerikil (kekurangan) yang sama pula dengan kita. Perbedaan juga yang menjadi guru dalam kehidupan, karena perbedaan mengajarkan kita untuk selalu intropeksi diri.

Ingatlah bahwa tak semuanya makhluk tercipta dalam sebuah persamaan. Ada kalanya perbedaan diciptakan agar kita tau indahnya perpaduan warna pelangi yang indah dalam sebuah perpaduan warna, begitupun dengan kehidupan manusia yang tercipta dengan adanya sebuah perbedaan akan menjadi warna dalam kehidupan.

Sebab, biasanya manusia terlalu memperhatikan kelebihannya sehingga lupa dengan kekurangan dirinya, akibatnya muncul sifat sombong dan angkuh. Sebaliknya manusia selalu melihat sisi buruk orang lain, sehingga kebaikan orang tersebut tertutupi dengan keburukannya. Akibatnya dia selalu memandang remeh dan rendah orang lain.

Seharusnya ketika kita melihat atau menemukan kekurangan orang lain, maka palingkanlah matakita ke titik kelebihannya. Dengan seperti ini, maka kita bisa menjadi orang yang sama. Kalau kita hanya melihat kesalahan dan kekurangan seseorang tanpa menimbang dengan kebiakannya kita bisa menjadi orang yang dzolim. Ada sebuah pepatah mengatakan:

“Janganlah kalian menghina orang yang ada di bawahmu (lebih rendah), karena sesungguhnya setiap manusia memiliki kelebihan”.

Dalam perbedaan pun ada yang perlu kita petik pesan cintanya agar kita tau arti dalam sebuah perbedaan, keindahan saling menghormati, dan kedamaian yang tercipta dalam kasih sayang.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment