Perkembangan Bisnis Transportasi Online di Wilayah Nusantara.

Jatimaktual.com,- Di era modernisasi ini, banyak kita jumpai seseorang yang berpofesi sebagai mitra pengemudi transportasi online. 

Hal ini merupakan tanda semakin pesatnya bisnis dalam bidang peronlinean. Keberadaannya telah tersebar luas ke berbagai wilayah di Indonesia mulai dari kota-kota kecil yang memiliki penduduk relatif sedikit seperti kota-kota di pulau Madura hingga kota-kota besar yang padat dengan penduduknya seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Medan, Yogyakarta, dan masih banyak wilayah lain di Indonesia yang menjadi tempat persebaran transportasi online. 

Profesi ini banyak digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat seperti para mahasiswa, karyawan dan buruh, bahkan para pengangguran. 

Hal ini dikarenakan waktu bekerja yang bebas dan teratur serta penghasilan yang cukup menggiurkan. adanya profesi ini dapat membuka lapangan pekerjaan baru sehingga mengurangi jumlah pengangguran. 

Bagi para karyawan dan buruh,  profesi ini dapat dijadikan sebagai aktivitas sampingan untuk menambah penghasilan. Sedangkan bagi para mahasiswa, profesi ini dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan karena akan menambah pengalaman mereka dengan bekerja sambil lalu menjalani aktivitas perkuliahan dan memanfaatkan pemasukan dari hasil bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya tanpa meminta kepada orang tuanya sehingga menjadi lebih mandiri. 

Di Indonesia terdapat dua platfrom
yang menyediakan layanan transportasi online diantaranya adalah grab dan gojek. Jenis layanannya juga bervariasi seperti layanan ojek online, taksi online, pesan antar makanan dan barang, jasa sewa mobil, pembelian pulsa, dan pengisian saldo, serta berbagai layanan lainnya yang memberi kemudahan dan kenyaman bagi masyarakat pengguna layanan. 

Bisnis transportasi online ini cukup banyak menarik minat masyarakat untuk mencoba menikmati berbagai layanan yang disediakan khususnya layanan ojek online, terutama di kota besar karena sering terjadi kemacetan di jalanan sehingga dengan adanya moda transportasi ini dapat memberi kenyamanan dan kemudahan masyarakat dalam aktivitas bepergian. 

oleh : Achmad Rizal
Mahasiswa IAIN Madura 

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment