Arus Game Online Era Milenial

Oleh : Ernawati
Mahas siswi IAIN Madura Prodi Pendidikan Bahasa Arab Semester VI 

Jatimaktual.com,- Dewasa ini, makhluk hidup yang bernama manusia sudah mengalami berapa kali metamorfosis kehidupan, baik dari segi kebudayaan, peradaban, gaya hidup dan pola fikir. Hal ini dipicu oleh perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang sangat pesat dan cepat. Sebut saja misalnya beralihnya peradaban manusia dari berkuda sekarang sudah naik kendaraan bermotor dan banyak hal lainnya. 

Bagi sebagian orang, punya tanggapan yang biasa terhadap perubahan ini, ada juga tidak mau tau alias bodo amat (yang penting gue punya hidup), namun bagi kalangan pemikir Islam terutama orang tua, guru dan para tokok yang memegang taeguh terhadaap nilai keislaman, era ini adalah momok menakutkan dan penuh dengan tantangan besar, khususnya bagi kalangan pemuda Islam. Yang dimikian karena dampak serta terancamnya masa depan agama dan bangsa. 

Sekarang kita coba kaji lebih mendalam, era melenium ke-3 ini sudah hampir merubah keseluran elemen kehidupan, terlebih masuknya teknologi yang bahkan hampir 90% kehidupan kita sehari-hari berhubungan dengan teknologi, seperto HP, Komputer dan kendaraan misalnya. 

Inilah yang kamudian merambah kepada kebiasaan atau ketergantungan dan tentunya menyebabkan dampak yang krusial terhadap beberapa nilai dimasyarakat baik secara moral bangsa dan agama. 

Perkembangan zaman yang semakin tak terbendung ini telah benar-benar masuk dan terserap secara fundamental oleh seluruh lapisan masyarakat dan lengkap dengan segala bentuk akibat yang hasilkannya, kita ambil contoh betapa berpengaruhnya GAME ONLINE terhadap prilaku anak saat ini, yang menyebabkan pola hidup mereka dan kegiatan lebih banyak dihabiskan bersama gadgetnya. 

Rela menabung uang saku demi membeli kuota, rela bergadang semaleman hingga bangun kesiangan, atau lebih suka menyendiri dan menepi agar permainannya tidak terganggu, dan banyak hal lain yang unfaidah lainnya yang mereka lakukan untuk memuaskan nafsu bermainnya. Lalu apa dampak paling fatal dari semua ini? 

Baik, kita bahas lebih rinci terhadap permasalahan diatas. Ketika ada suatu hal yang telah menjadi candu maka ia akan cenderung mengabaikan yang lainnya, cinta juga seperti itu, saat sudah jatuh cinta kepada si dia, terasa dunia milik berdua dan bodo amat terhadap yang lainnya, adduuh sorry! Kok jadi nyerembet ke cinta sih, maaf lagi terjerat masa lalu, hee.. Oke kita fokus ke topik pembahasan lagi.

Disadari atau tidak, adanýa Game Online sudah merenggut masa depan generasi kita secara perlahan, mungkin beberapa orang menganggap ini baik sebagai sarana refreshing otak karena padatnya tugas kampus, sekolah, omelan orang tua atau patah hati. Cuman yang menjadi masalaha adalah karena Game Online itu sudah menjadi candu sehingga anggapan baik bagi sebagian orang itu fatal secara defacto (aseekk bahasanya sok negarawan) 

Dengan kata lain dampak arus game online ini sudah merenggut jalan kependidikan manusia saat ini, kenapa demikian? Arus globalisasi yang menujukkan integritas peradaban serta perkembangan era milenial ini sangat berpengaruh negatif jika pengguna gadget adalah kalangan anak-anak yang memiliki pengawasan yang kurang intra dari orang tua, dengan kata lain pengaruh ini berdampak pada karakter pribadi anak itu sendiri, ia akan merasa malas utuk membuat hal-hal yang bermenfaat bahkan ia hanya cendrung dengan gatget onlinenya (game online), hal demikian yang membuat  miris di era milenial ini, jika belum bisa mengontrol waktu serta kurang memahami secara utuh dari dampak positif dan negative game online,  maka ia akan menjadi candu yang kurang bermenfaat dalam setiap aktivitasya. 

Pandagan islam sendiri mengenai pekerjaan yang terlalu melampauwi batas ini, bisa disebut dengan “ghuluw”,  (kekerjaan yang melampauwi batas), hal ini merupakan pekerjaan yang tidak baik dalam pekerjaannya. Sama halnya dengan game online jika tidak tahu mengatur waktu penggunaannya maka ia akan menjadi bumerang bagi pecandu game online itu sendiri. 

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment