Ada apa dibalik Bulan Ramadhan?

Jatimaktual.com, Opini,- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang khusus bagi orang-orang muslim, dimana pada bulan mulia ini orang-orang diwajibkan untuk berpuasa, bahkan dibulan ini Allah melipatgandakan pahala kebajikan bagi orang yang mengerjakannya. Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Tentu suatu hal yang tidak ada pada bulan lainnya. 

Banyak sekali hikmah dan keutamaan Bulan Ramadhan yang harus kita ketahui diantaranya, yaitu: 

1) Pahala dilipatgandakan karena pada bulan ini aktivitas berpuasa tentu menjadi proses melatih kesabaran.
2) Adanya Lailatul Qadar yaitu malam yang dimuliakan Allah dan beribadah di dalamnya sama dengan beribadah 1000 tahun, yang mana Lailatul Qadar hanya ada pada bulan Ramadhan.
3) Para syetan yang menggoda manusia dibelenggu
4) Turunnya ayat Al-Qur’an pertama kali.
5) Orang yang berpuasa akan dimintakan ampunan oleh para Malaikat.
6) Terbukanya pintu surga dan tertutupnya pintu neraka
7) Bau mulut orang yang berpuasa seperti bau minyak kesturi dihadapan Allah SWT.
8) Pahala orang yang berpuasa menjadi rahasia Allah SWT, karena ibadah puasa adalah ibadah yang dikhususkan oleh  Allah SWT.
9) Puasa dapat menyehatkan badan.
10) Suasana pada Bulan puasa lebih religius dan damai, dari pada bulan yang lainnya.

Dan masih banyak lagi keutamaan dan hikmah Bulan Ramadhan yang lain, maka bersyukurlah jika berjumpa pada bulan ini, karena di dalamnya terdapat banyak kemuliaan dan keutamaan agar lebih giat untuk beribadah kepada Allah SWT. 

Dan selain keistimewaan – keistimewaan di atas banyak lagi keistimewaan yang harus kalian perhatikan di Bulan puasa ini, termasuk keistimewaan puasa Ramadhan selajutnya adalah menjadi sebuah keuntungan besar bagi orang – orang yang berpuasa. 

Seperti yang sudah diketahui, kalau Malaikat adalah makhluk yang tak kenal maksiat yang do’a – do’anya mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Keistimewaan bulan Ramadhan Allah menghiasi surga dengan indah untuk menyambut para hamba-Nya yang berpuasa. 

Menunjukkan bahwa ibadah puasa memiliki nilai spiritualitas yang sangat tinggi. Nah, para Malaikat ini akan senantiasa memintakan ampunan kepada Allah, mulai dari imsak hingga berbuka, agar orang-orang yang berpuasa diampuni dosa-dosanya. 

Mengenai malam Lailatul Qadar memang menyimpan banyak hikmah yang dapat menjadi pelajaran dan pegangan untuk kita bersama. 

Terlalu banyak pelajaran dan hikmah yang dapat diambil dari peristiwa tahunan ini, antar lain:

1. Menempatkan Al-Qur’an dalam kehidupan 
2. Momen intropeksi diri.
3. Titik balik menuju diri yang lebih baik.
4. Mempertebal semangat menebar perdamaian dan kesabaran. 

Dari Aisyah, ia berkata bahwa Nabi Saw ketika memasuki sepuluh malam terakhir {di bulan Ramadhan}, beliau mengencangkan perutnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.( HR, al-Bukhari dan Muslim). 

Rasulpun begitu mengutamakan  malam Lailatul Qadar; ada banyak rahasia yang terkandung di dalamnya hingga tidak mudah untuk diungkap dengan kata-kata, namun satu hal yang jelas, Rasul begitu menggebu memburu malam ini bukan tanpa alasan. 

Al-Qur’an diturunkan pertama kali tepat pada malam penuh kemuliaan ini, sehingga dengannya ada banyak pelajaran yang dapat diambil. Karena Allah tidak akan memilih suatu malam untuk peristiwa penting tanpa alasan dan tujuan tertentu. 

Namun malam 10 terakhir dari bulan Ramdhan ini sering disebut sebagai malam beribu bulan. Keberkahan Lailatul Qadar ini berganda-ganda karena terletak di Bulan Ramadhan. 

Oleh. Halimatus Sa'diyah
Mahasiswi Semester VI

Prodi Pendidikan Bahasa Arab
IAIN Madura

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment