Perlukah sholat jum'at di hari raya idul fitri...?

Jatimaktual.com, Artikel,- Dalil tentang itu antara lain dari Iyas bin Abi Ramlah al-Syami dari ibn al-Zubair berkata saya menemui Muawiyah bin Abu Sufyan dan pernah bertanya pada zaid bin Arqan bahwa: 

أشهد مع رسول الله صل الله عليه وسلم عيدين اجتمعا في يوم قال نعم قال فكيف صنع قال صلى ثم رخص في الجمعة فقال من شاء أن يصلي فليصل
        
Artinya : apakah engkau pernah melihat Nabi muhammad SAW. Pada ejadianj dua sholat Id (idul fitri/Adha dan hari jumat) satu hari? Jawab, ya! Apa yang nabi saw lakukan saat itu? Jawab, beliau nabi saw salat id dan memberi keringanan untuk tidak shlat jumat, namun bagi yang berkehendak silahkan sholat jumat,. (hadist dari kitab Ibn Majah nomor 1070,Nasai 1952) dan kualitas Hasan Sahih. 
        
Menyikapi hadist tersebut sebagian ulama tidak menganjurkan salat jumat tetapi tetap wajib sholat dzuhur. Hadist terkait lihat HR.Abu Daud, I/647,Ibn Majah 1311, dll dan hadist itu jika dilihat sabab wurudnya, latar belakangnya maka memang Nabi memberi keringanan untuk tidak sholat juamt bagi yang berhalangan(jauh).
        
Di masa nabi saw tersebut banyak sahabat yang jauh dari madinah mereka harus tempuh padang pasir yang panas dan tandus sehingga membuat mereka lelah dengan berjalan kaki. Beda halnya dengan kita saat ini yang zaman semakin maju dan semakin canggih dan tidak perlu repot-repot lagi sudah banyak kendaraan-kendaraan yang bisa kita gunakan . apalagi sekarang ini setiap desa memiliki masjid .
       
jadi tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak menunaikan sholat jumat di hari raya idul fitri kecuali ada halangan yang sangat tidak memungkin kan kita untuk pergi shalat jumat tersebut seperti, sakit yang tak memungkinkan lagi untuk bepergian. Selagi kita tidak ada halangan kita tetap wajib menunaikan sholat jumat meski di hari raya idul fitri.

Penulis.  Hasanuddin
Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab 
IAIN Madura.


Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment