Nuzulul Qur’an, Malam 17 Ramadhan atau Lailatul Qadar?

Oleh. Ach. Faiz
Mahasiswa IAIN MADURA
Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Jatimaktual.com, Opini,- Nuzulul Qur’an itu adalah turunnya Al-Qur’an, sedangkan Lailatul Qadar adalah malam istimewa yang diberikan oleh allah untuk umat Rosulullah SAW.

شهر رمضان الذي أنزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من ايام اخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون (البقرة : 185 )
انا انزلنه في ليلة القدر (1) وما ادراك ما ليلة القدر (2) ليلة القدر خير من الف شهر(3) تنزل الملائكة والروح فيها باذن ربهم من كل امر (4) سلام هي حتى مطلع الفجر (5)

Malam Nuzulul Qur’an dimana bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran Yakni diturunkan seluruhnya dari Lauh mahfudh ke langit dunia. Pendapat lain mengatakan : ayat pertama dari al-Qur’an diturunkan pada bulan Ramadhan di malam lailatul qadr. Tafsir Al-Muyassar.

Ada lima keutamaan pada malam Nuzulul Quran diantaranya:

1. Lebih baik dari seribu bulan. Hal ini sesuai dengan firman allah SWT.

“malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (QS.Al-Qadr : 3 )

Disebut lebih baik maksudnya adalah amalan dan ibadah yang kita lakukan selama satu malam dimalam nuzulul qur’an lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

2. Diampuninya dosa seseorang yang menghidupkan malam Nuzulul Qur’an.
Bagaikan bayi baru lahir ke dunia, seseorang yang menghidupkan malam nuzulul Qur’an akan diampuni dosanya yang telah lalu. Hal ini sesuai dengan hadits nabi.

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه.

Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”(HR. Bukhari).

3. Malam Penuh Keberkahan.
Malam Nuzulul Quran juga menjadi salah satu malam yang penuh keberkahan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT. “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” (QS. Al-Dukhan : 3)

Disebut sebagai malam penuh berkah adalah karena di salah satu malam di bulan Ramadan, al-Quran diturunkan ke bumi dan malam tersebut menjadi malam yang penuh dengan keberkahan.

4. Banyaknya Malaikat Yang Turun Ke Bumi.
Keberkahan malam Nuzulul Qur’an juga ditandai dengan banyak nya malaikat yang turun ke bumi termasuk malaikat jibril.

5. Malam Dimana Takdir Tahunan Dicatat.
“Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Al-Dukhan : 4). Urusan yang dimaksud di sini meliputi rezeki, hidup, mati, untung, dan sebagainya. Jika pada malam Nuzulul Quran kita bisa menghidupkannya sepanjang malam, dijamin kita bukan hanya mendapatkan keberkahan sepanjang tahun tetapi juga takdir baik. Insya Allah. Itulah tadi keutamaan malam Nuzulul Quran jika kita bisa menghidupkannya di bulan Ramadan ini. 

Semoga kita bisa menjadi salah satu umat yang beruntung yang dapat menikmati malam Nuzulul Quran.

Ada versi yang berbeda mengenai Nuzulul Qur’an yang ada di indonesia peringatannya tanggal 17 ramadhan dan sementara Nuzulul qur’an yang ada di mesir itu peringatannya tanggal 27 ramadhan, jadi yang saya ketahui disini didalam hadits yang diriwayatkan Ibnu ‘Abbas yang kemudian hadits ini dikeluarkan oleh imam At-Tabbroni bahwa Al-Qur’an itu diturunkan dalam 2 tahap; tahap pertama: yaitu diturunkan dari Lauhul Mahfudz menuju Baitul ‘Izzah kemudian Tahap kedua : diturunkan dari Baitil ‘Izzah ke Dunia kepada Rosulullah SAW. Secara beransur-ansur. Nah yang dimaksud diturunkan Al-Qur’an pada tanggal 17 Romadhan itu adalah Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rosulullah di gua hiro’ surat Al-‘Alaq yaitu dari langit yang pertama ke Dunia, Sedangkan Al-Qur’an yang diturunkan pada malam lailatul Qodar itu adalah Al-Qur’an yang diturunkan secara utuh dari Lauhil Mahfudz ke Baitil ‘Izzah, ini kaitannya lailatul Qodar dengan nuzulul Qur’an, jadi yang diperingati nuzulul Qur’an saat ini tanggal 17 Ramadhan itu diturunkannya Al-Qur’an kepada Rosululloh, dan diturunkannya Al-Qur’an dari lauhul mahfudz ke baitul ‘Izzah itu malam lailatil Qadar yang seperti hal nya disabdakan rosulullah lailatul Qadar terjadi pada bilangan-bilangan ganjil pada 10 hari yg terakhir dibulan terakhir.




Respon Pembaca.

8 comments:

gusfaiss96@gmail.com said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Semoga ttp istiqomah ust dalam setiap kebaikan,
Dan semoga mendapatkan apa yg km semogakan (malam lailatul Qodar) Amin

Unknown said...

Semoga ttp istiqomah Ach Faiz dalam kebaikan,

Unknown said...

Aaamiiin ... Semoga qt semua dpat berjumpa malam lailatul qadr
Dan bisa kembali lagi pda bulan Ramadhan selanjut nya dg bertambah nya ketaqwaan kpd Allah

Unknown said...

Semangat Ustad fais semoga kedepannya lebih baik lagi

Wavie Achmad said...

Mantap..

Mabruhah said...

Semoga istiqomah dalam menyiarkan dakwah islami sehingga bisa memberi pemahaman terhadap mereka yang masih awam.

Unknown said...

Masyallah wallahua'lam bissawab
Semoga bermanfaat

Post a Comment