Peringatan Hari Kartini, Ketua Kopri PMII Pamekasan: Kami Memaknai Banyak Pelajaran Unik

JATIMAKTUAL.COM, PAMEKASAN- Hari Kartini diperingati setiap tahun pada 21 April, bertepatan dengan hari lahir Raden Ajeng Kartini. Kartini dianggap sebagai tokoh pergerakan dan emansipasi perempuan Indonesia. Semangat Kartini hingga saat ini masih relevan untuk perjuangan perempuan.

Perjuangan Kartini sejak 140 tahun lalu membawa banyak perubahan untuk perempuan Indonesia. Perempuan masa kini bahkan bisa menjadi apa saja.

Ketua Kopri PC. PMII Pamekasan Aan Nurul Qamariyah, mengatakan bahwa banyak yang harus di renungi mengingat sejarah ibu Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan untuk menjadi motivasi bagi perempuan masa kini.

“Kami memaknai banyak pelajaran unik yang bisa kami petik dari sejarah hari lahir Kartini, bahwasanya pada awal abad 20 Kartini membuat surat untuk Belanda yang berisi bahwa perempuan yang banyak berbicara tentang nilai-nilai tradisi yang cenderung membelenggu perempuan tergantung pada laki-laki, sehingga perempuan cenderung tak berdaya," terangnya.

Menurutnya dari sejarah itu baginya hari Kartini merupakan hari yang sangat istimewa untuk menyuarakan peradaban yang telah lama mengantarkan masyarakat Indonesia kepada kenikmatan khususnya bagi kaum perempuan.

“Karena hari kartini tidak hanya sekedar menikmati sejarah akan tetapi perempuan mempunyai kewajiban untuk mengingat sejarah," tukasnya. (Heb/JA)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment