INOVASI Latih Guru Membuat Big Book yang Murah dan Mudah

Jatimaktual.com, Dinas Pendidikan bersama INOVASI kembali menggelar pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru kelas awal di Aula Kedai HK, 21 Februari 2019. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru kelas awal di Gugus 02 Kecamatan Kota dan Gugus 01 Kecamatan Talango. Kegiatan bertajuk “Pelatihan Literasi Program INOVASI di Kabupaten Sumenep” merupakan rangkaian kegiatan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam rangka membudayakan literasi dari sejak dini.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili oleh Kasi Kurikulum dan Penilaian SD, Abd. Kadir. Kata Pak Kadir “Semoga dengan adanya program literasi yang diadakan oleh Tim INOVASI Kabupaten Sumenep ini dapat menjadi motivasi Bapak-Ibu untuk mengembangkan kemampuan literasi peserta didik, salah satunya dengan menggungakan media Big Book” Kamis (21/02/19). 

Abd. Kadir menegaskan, “agar Bapak dan Ibu Guru dapat menerapkan kondisi kelas yang nyaman serta pelayanan pembelajaran yang tidak membeda-bedakan antarpeserta didik. Harapannya dengan kondisi kelas yang literat dan pembelajaran yang menyenangkan, anak-anak Sumenep bisa tumbuh menjadi generasi yang unggul. "

Pelatihan ini terdiri atas dua unit, Unit Gender Equity and Social Inclusion (GESI) dan Unit Big Book. GESI fokus pada mewujudkan pendidikan yang tidak diskriminatif sedangkan bigbook fokus pada upaya menciptakan media belajar yang bisa menunjang peningkatan kemampuan literasi siswa. 

Menurut Bapak Sudarsono salah satu FASDA mengatakan “ada beberapa langkah membuat big book Pertama, menentukan topik dari KD atau SK KD sesuai dengan materi, membuat sub topik, membuat cerita, mengilustrasikan dalam gambar, konsistensi tokoh.”

“Tujuan dari big book yaitu mempermudah guru mengajar peserta didik dan mempermudah peserta didik membaca kata serta memahami isi cerita” ungkapnya.

Menurut Meiri Liansari SDN Pamolokan 1, salah satu peserta yang mengikuti pelatihan hari mengungkapkan bahwa manfaat dari pelatihan hari ini yaitu menambah wawasan tentang Big Book. 

“Rencana ke depannya setelah pelatihan ini saya akan mengaplikasikan kepada peserta didik serta mengadakan bedah kelas untuk berinovasi, kreatif dan menciptakan kelas yang menyenangkan.”

“Harapannya suapaya kegiatan ini memotivasi para guru khususnya guru kelas awal untuk kreatif dalam mengajar. Sehingga tercipta kondisi pembelajaran kelas yang menyenangkan," pungkas Guru SDN Pamolokan 1 ini.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment