Dua Kali Gagal Panen, Bapak Nia Beralih Tanam Padi Jenis MSP. Hasilnya Memuaskan? -->
Cari Berita

Dua Kali Gagal Panen, Bapak Nia Beralih Tanam Padi Jenis MSP. Hasilnya Memuaskan?

Wednesday, February 6, 2019

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Dua kali gagal panen, membuat bapak Nia, salah satu petani di Desa Sulek, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, beralih ke bibit padi Mari Sejahtrakan Petani (MSP).

Bapak Nia menjelaskan bahwa, produksi padinya semula hanya berkisar 5 kwintal, setelah beralih menggunakan benih padi dari MSP, produksi padinya meningkat 1 Ton. Selasa, 05 Februari 2019.

"Saya sudah 2 kali gagal panen, salah satunya karena sulitnya mendapatkan air yang bisa dialirkan ke sawah dan mudahnya terserang penyakit. Sawah saya luas 180 M persegi hanya menghasilkan sekitar 5-6 kwintal perpanen, setelah beralih ke padi MSP sekarang sudah bisa 1 ton perpanen," kata Nia.

Ditemui di lahan sawahnya, bapak Nia mengakui kelebihan padi jenis MSP dibandingkan padi biasa.

"Padi jenis MSP memiliki banyak kelebihannya mas, seperti kebutuhan air sedikit, lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit, dapat digunakan untuk pertanaman sistim Rancah (musim hujan) dan sawah sulit air dan ladang," ucapnya.

Selaras dengan yang disampaikan bapak Nia, Joni Adiputera selaku pegiat MSP juga menyampaikan beberapa keuanggulan padi jenis MSP.

"Dibanding tanaman padi jenis lain, padi jenis MSP ini lebih toleran terhadap serangan hama dan penyakit terutama Blast dan Wereng, tanaman dapat di Ratun (seperti pertanaman tebu), setelah panen (tanpa harus dibabat lagi), sisa batang tanaman dipupuk kembali," kata Joni.

Pria kelahiran Sulek Tlogosari yang saat ini mencalonkan diri sebagai salah satu Calon Legislatif Kabupaten Bondowoso tersebut juga berharap agar tidak hanya bapak Nia yang bisa meningkatkan produksi padinya dengan menggunakan padi jenis MSP, tapi petani lainpun bisa menggunakan padi jenis MSC juga.

"Saat ini sudah ratusan petani yang menanam dengan padi MSP, seperti Kec Tapen, Prajekan, Tlogosari, Pujer, Wonosari dan sekitarnya," pungkas Joni.

Penulis : Arif
Editor   : Faisol