CONTOH TRIK MENULIS GENIT

Jatimaktual.com, - Menulis adalah roket kilat dalam menarik elastisitas pemahaman dan keadaan batin pun pengetahuan seseorang. Meskipun tidak berwujud suara, namun bentuknya terlihat dan didengar oleh manusia. Sehubungan dengan nalar seseorang tidak hanya dapat diraba melalui perbincangan lisan. Maka menulis menjadi salah satu media bagi orang-orang bisu yang enggan menyampaikan aspirasinya di panggung-panggung kehidupan (public speaking). 

Sebab yang lain berbincang dengan kita secara diam-diam. Tulisan yang lahir dari rahim seorang penulis setidaknya bersifat membidik dan mempengaruhi jiwa ketertarikan pembaca. Artinya, saat pembaca sedang bertamu dengan pecahan kata dari tulisan kita,  mereka seolah harus ditarik paksa untuk menempati alam kita.  Disanalah mereka akan berbincang langsung dengan pemikiran kita yang tumpah dalam dunia tulisan, itu. Aspek ini disorot dari segenit apa kelincahan kita dalam memainkan bentuk kata yang diharapkan mampu membuat pembaca tertarik dan geli untuk terus berlama-lama bermesraan dengan tulisan kita, serta kegurihan sajian pemikiran kita yang membuat pembaca merasa doyan saat bertatap muka dengan tulisan kita. 

Juga, menulis merupakan bentuk pembebasan yang menjadi jalan keluar saat seseorang tidak lagi mampu untuk berbicara secara langsung. Tentunya, kita perlu tahu cara mencukur tulisan sehingga dapat tampil rapi dan menawan. Cara mudahnya adalah,  kita harus peka terhadap keadaan publik yang bersifat up to date. Sehubungan manusia suka terhadap hal-hal yang baru. Maka sebagai penulis harus bisa meracik tulisan dari berbagai problema yang singkron dengan keadaan saat ini. 

Sehingga, rasa penasaran dari calon pembaca semakin memuncak dan akan final pada keputusan untuk mempersunting aneka tulisan kita. Jangan sampai pembaca memuntahkan tulisan kita hanya karena tidak nyaman untuk ditelan. Sehingga berakibat terhadap selera membaca dari target para pembaca yang minim. Selanjutnya, paling tidak kita harus memiliki celengan kata sebagai tabungan investasi saat kita ingin membayar kepuasan pembaca ketika berekreasi dengan tulisan kita. Dengan tujuan, agar para pembaca terus menyimpan kegelisahan sebab rindu terhadap tulisan-tulisan ter-update kita setiap waktu. Tak heran bila tulisan ternak penulis sohor membuat pelanggannya sulit move on oleh karya-karyanya. 

Sebetulnya, kita harus mengantongi kesiapan yang matang dalam mengawinkan pemikiran dan pengetahuan  dengan gaya semenarik mungkin dalam menulis. Sebab pengetahuan di alam pikir kita adalah seorang bapak yang akan menyetubuhi seorang ibu yakni karakter menulis. Sedang tulisan adalah anak yang lahir dari hasil pola pikir gagah dengan gairah menulis kita yang kemudian menetas dalam bentuk tulisan yang mungil dan menggemaskan. 

Oleh karenanya, menumbuh-kembangkan resep menulis yang sakti seharusnya didasari oleh kematangan sikap berpikir dan keselarasan yang menyatu dengan dunia menulis secara rukun. 

Hal yang serupa juga dapat ditamui dengan memperbanyak membaca. Dengan demikian, suguhan wawasan secara spontan akan terekam kental didalam diri seorang penulis. Tidak hanya membantu terhadap pembendaharaan kata. Namun, pula merangsang penulis untuk terus mengasah semangatnya yang akan berlangsung secara continue. Itulah sebabnya mengapa penulis harus berani mengambil keputusan dalam memerankan diri sebagai pemeran utama akan keberlangsungan nafas tulisannya. Karena target pertama dan yang paling utama dalam menghidupkan sebuah tulisan adalah pembaca. Jika pembaca kerasan dengan tulisan yang kita adon. Maka semakin panjang pula ruang bernafas sebuah tulisan. 

Trik praktis untuk menjadi penulis berhasil tidak sulit. Pertama, perbanyak membaca. Kedua, seringlah melatih gaya menulis secara istiqomah. Ketiga, jangan memikirkan Bagus atau tidaknya hasil karya tulis kita. Keempat, luapkan segala keadaan yang sedang dialami kita lalu kemudian kawinkan dengan pengetahuan yang sudah diketahui. Keenam, in Sya'a Allah kita masih sama-sama belajar.  Peace!

Oleh. Saiful Yadi


Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment