(BAHASA ARAB) BAHASA MENUJU SURGA

Oleh : Masruroh Prodi Pendidikan Bahasa Arab semester VII

Jatimaktual.com - Bahasa Arab Sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa di seluruh Dunia. tepat pada tanggal 18 Desember merupakan peringatan hari bahasa arab sedunia, bahasa Arab memiliki kedudukan penting bagi ummat islam, karena sudah jelas bahasa arab merupakan bahasa Al-Qur’an dan As-sunnah, dimana keduanya merupakan pedoman hakiki ummat islam, Allah SWT telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa terbaik yang pernah ada. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala,
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Al-Qur’an) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab).
Dan tidak di ragukan lagi, kita sebagai ummat islam sepantasnya untuk mencintai bahasa arab dan berusaha untuk mempelajari serta menguasainya.

Dapat diketahui bahwa bahasa Arab merupakan bahasa agama Islam dan bahasa Al-Qur’an. Kita tidak akan bisa memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman yang benar dan selamat (dari penyelewengan) kecuali dengan bekal bahasa Arab. Menyepelekan dan menggampangkan bahasa Arab akan mengakibatkan lemah dalam memahami agama serta jahil (bodoh) terhadap berbagai permasalahan agama.

Fakta konkretnya, ketika kita melaksanakan salah satu rukun islam yakni sholat, sebagai salah satu kewajiban yang harus di laksanakan oleh kita sebagai ummat islam, dalam sholat sudah jelas bahasa yang di gunakan ialah bahasa Arab, kalau saja kita benar-benar memahami serta meresapi terhadap makna yang di ucapkan oleh kita ketika melaksanakan sholat, niscaya dalam hati akan merasakan ke khusyukan yang luar biasa ketika melaksanakan ibadah tersebut yakni (sholat).

Di antara alasan yang lain yang mengharuskan  kita mempelajari bahasa Arab adalah tidak mudahnya dibodohi oleh musuh-musuh Islam. Di samping itu, bisa membantah kerancuan yang dibuat oleh orang-orang munafik yang ingin menghancurkan dan merusak Islam dari dalam. Mereka membuat keraguan pada agama Islam ini dengan memutarbalikkan ayat al-Qur’an atau mengubahnya. Mereka juga melakukannya pada sunnah Rasulullah SAW, dengan memanipulasi kaidah-kaidah bahasa Arab, mereka berusaha membuat keraguan dengan mencari hal-hal yang mereka anggap sebagai “titik lemah” dalam agama ini, karena al-Qur’an dan sunnah Rasulullah menggunakan bahasa Arab. Jadi, dengan mengerti bahasa Arab, seorang muslim akan kokoh di atas agamanya, tidak mudah di pengaruhi serta dibelokkan, bahkan kita bisa menjadi pejuang yang mempertahankan kemurnian agamanya dengan memahami bahasa arab.

Marilah kita bersama-sama mencintai serta berusaha lebih memahami bahasa Arab, Semoga kita semua di berikan kemudahan oleh Allah SWT dalam memahami bahasa Arab yang merupakan bahasa Al-Qur’an dan As-sunnah sebagai pedoman kita di dunia menuju akhirat  Amiin Ya Robbal Alamin… Wallahu a’lam bi al-shawab.

“SELAMAT HARI BAHASA ARAB SE-DUNIA “JAYALAH BAHASA AL-QUR’AN-KU” 
(18 Desember 2018)”

Respon Pembaca.

1 comments:

soenar nardi said...

Ok bgt

Post a Comment