Tingkatkan Spirit Perjuangan, PK PMII STITTA Bondowoso Perkuat Kelembagaan

Jatimaktual.com, Bondowoso,- "Bersinergi Perkuat Spirit PMII Togo Ambarsari" begitu tema yang diangkat oleh Pengurus Komisariat Persiapan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari (PKP PMII STITA) dalam acara Penguatan Kelembagaan. (Senin, 26 November 2018).

Moh. Arif Billahi, S.Pd (cak Arif) sapaan akrabnya, selaku ketua bidang kaderisasi PC PMII Bondowoso. beliau menyampaikan materi yang sangat lugas sehingga mampu membakar semangat baru bagi Pengurus Komisariat PMII STITTA untuk menjalankan amanah organisasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka membangun spirit pengurus, sebab kepengurusan PMII STITTA kurang lebih sudah berjalan dua bulan. Sehingga perlu pemahaman dan penguatan pengurus dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. 

"ini merupakan langkah pemantapan kinerja pengurus. Jadi kepengurusan kita perlu dibekali dengan pemahaman mengenai posisi dan fungsinya." terang Muhammad Dainul Ichsan selaku ketua PKP PMII STITTA. 

lebih lanjut Daim sapaan akrabnya, berharap agar kegiatan semacam ini harus terus rutin dilakukan secara kontinyu.  Sebab amanah menjalankan organisasi tidak terlepas dari kuatnya spirit dari Pengurus itu sendiri. 

"PKP PMII STIT Togo Ambarsari yang baru berumur beberapa bulan membutuhkan penguatan dan pemahaman tentang PMII itu sendiri, sebab, disamping memperkokoh diri, Pengurus juga memiliki tanggung jawab untuk mengkader anggota barunya yang sudah 1 bulan bergabung dalam PMII." Kata Daim.

Tanggung jawab penanaman ideologi kepada anggota baru tentu menjadi prioritas bagi Pengurus dengan mengagendakan acara selama satu periode kepengurusan, tidak mungkin agenda tersebut terlaksana jika antar pengurus tidak ada sinergitas dan spirit kuat dalam menjalankan amanah dan tanggung jawab itu. 

"Di samping penanaman ideologi, Pengurus juga bertanggung jawab penuh kepada anggota barunya untuk memberikan pemahaman tentang PMII itu sendiri, Sebab pengurus hari ini tidak selamanya menjadi pengurus dan akan diganti dengan generasi setelahnya sehingga penguatan kelembagaan menjadi agenda yang paling urgen untuk diajarkan juga kepada anggota barunya yang akan melanjutkan estafet kepengurusan." Tambah Daim.

Dalam kegiatan tersebut narasumber juga menekankan komitmen dan solidaritas kepengusan agar seluruh kegiatan organisasi dapat berjalan maksimal.

"Walaupun PKP PMII STITTA masih baru, tapi PMII STITTA harus menunjukkan progresifitasnya. Itu semua butuh komitmen dan solodaritas pengurus." Tegas Arif.

Lebih lanjut, Arif juga menyampaikan bahwa kegiatan penguatan kelembagaan tersebut harus terus dilaksanakan secara berkala agar PMII STITTA lebih progres lagi.

"PMII merupakan organisasi kaderisasi, maka segala hal untuk pengembangan kaderisasi harus terus diupayakan. Seperti kegiatan penguatan kelembagaan yang dilaksanakan kali ini. Jangan hanya selesai di forum ini, penguatan kelembagaan harus terus dilakukan secara berkala." Tambah Arif.

Setelah menyampaikan materi, dalam forum tersebut Arif juga memberikan tugas sebagai langkah kongkrit penguatan kelembagaan.

"Saya memberikan tugas sebagai follow up dan langkah kongkrit dalam penguatan kelembagaan. Mereka harus melengkapi kelengkapan lembaga PMII STITTA, seperti AD/ART, PO, Program kerja, membuat data base anggota, pengurus dan senior, membuat struktur kepengurusan dan program kerja, membuat buku tabungan dan lain sebagainya." Pungkas Arif. (Nia)

Respon Pembaca.

1 comments:

Ummi Sa'adah said...

Great!

Post a Comment