KEGIATAN PERDANA INOVASI, BERSAMA 10 LEMBAGA MADRASAH RINTISAN

JATIMAKTUAL.COM, PAITON, 10 November 2018, Inovasi untuk anak sekolah Indonesia (INOVASI), Sebuah program kemitraan antara pemerintah Australia dan Indenesia, dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan utamanya fokus dalam hasil belajar siswa bidang literasi dan numerasi melalui program rintisan (pilot) lembaga tingkat dasar termasuk di Kecamatan Paiton sebanyak 10 lembaga Madrasah Ibtidaiyah. Pada hari Sabtu , 10 November 2018, bertempat di MI. Al Islamiyah Desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, mengadakan kegiatan perdana dengan agenda “ Workshop Persiapan Pelaksanaan Short Couse Literasi untuk Guru Kelas 1, 2 dan 3 “.

Kegiatan perdana tersebut dibuka oleh bapak Kasi Pendma Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo ( DR.H. Didik Heriadi, M.Pd)  diikuti oleh 42 orang guru peserta dan dipandu oleh 9 orang Fasda ( Fasilitator Daerah) dengan komposisi ; 2 orang dari unsur Pengawas Madrasah, 5 orang dari unsur Kepala Madrasah dan 2 orang dari unsur guru senior serta di dampingi 1 orang DF ( Distrik Fasilitator) yaitu ibu Vita Novianti, dari kegiatan dimaksud guru-guru yang selama ini ada di zona nyaman telah ditempa dengan berbagai sajian materi antara lain ; Growth  Mindset (Pola pikir berkembang), Pembelajaran berbasis PAKEMI, dan Pengelolaan kelas, sehingga pasca latihan guru benar-benar keluar dari zona nyaman menuju pada pembelajaran yang kreativ, inovatif, dan menyenangkan serta melakukan improvisasi dalam pengelolaan pembelajaran  yang endingnya inyaa Allah pasti dapat meningkatkan kualitas pendidkan tingkat dasar di Paiton pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya.

Berbicara kualitas pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan kualitas personal guru yang memiliki posisi kunci dalam institusi pendidikan dan pengajaran, maka dengan diawali guru yang menjadi garapan program INOVASI,  secara automatis pesrta didik akan terbawa seiring dengan mutu dan kualitas guru tersebut. 

Kemudian setelah guru berhasil dengan segala upaya yang dilakukan baik secara individu maupun kelenbagaan dalam pembelajaran, maka peserta didik kedepan benar-benar akan menjadi peserta didik petarung yang handal dan unggul baik di even yang bersekala regional maupun nasional seperti ajang lomba OSN ( Olimpiade Sains Nasiona ) maupun Kompetensi Sains Madrasah. Sehingga marwah madrasah yang diharapakan oleh semua pemangku kepentingan akan menjadi kenyataan yakni; Madrsah hebat dan bermartabat. Aamin. ( Penulis; Azis Fasda Comms)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment