Program INOVASI di Kab. Sumenep Berdampak Positif, Beginilah Komentar Menarik Silvana Erlina.


Jatimaktual.com, Sumenep : Kabupaten Sumenep yang menjadi satu diantara lima kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai wilayah sasaran program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) mulai berbuah manis.

Program Manager INOVASI Jawa Timur Silvana Erlina saat kunjungan kerja ke Kabupaten Sumenep menjelaskan, dampak yang sekarang terasa ialah semangat dan ada keinginan dari guru untuk berubah tentunya dalam kemajuan pendidikan.

"Semangat teman-teman guru sangat luar biasa dan mau mencoba. Kita lihat ada perubahan kearah lebih baik. Ini dari guru, oleh guru dan untuk guru nantinya semuanya itu khusus anak-anak," kata Silvana Erlina, Sabtu (17/11/2018).

"Kita masuk Sumenep untuk meningkatkan kapasitas guru-guru bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik untuk anak-anak. Tujuan utamanya meningkatkan literasi anak," imbuhnya.

Lanjut Silvana Erlina, guru menjadi sasaran awal karena nantinya dapat mengembangkan keilmuannya bagi siswa pendidikan dasar. Jika seorang guru sudah maksimal maka secara otomatis bisa berdampak luas.

"Setiap gugus mempunyai fasilitator untuk memberikan bimbingan kelompok kerja guru dan pembinaan peningkatan berkelanjutan seperti kursus kilat dan modulnya kita sudah siapkan semua," papar Silvana Erlina.

Ditambahkan, tahun 2018 ini merupakan awal Sumenep mendapatkan program INOVASI. Pembekalan yang diberikan kepada guru dalam waktu bersamaan siswa sudah merasa senang dengan metode pembelajaran yang diberikan.

Cara pembelajaran kreatif seperti halnya membaca bersama dan melalui metode alat peraga murah terbukti menambah minat minat siswa dalam belajar.

"Makanya kita tingkatkan kapasitas guru melalui kelompok kerja guru, kelompok kerja kepala sekolah dan kelompok kerja pengawas. Tiga komponen ini harus bersinergi, juga harus ada dukungan dari komite sekolah," pungkasnya.

Untuk Kabupaten Sumenep terdapat 24 sekolah terdiri dari 10 lembaga Sekolah Dasar dan 14 lembaga Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan meliputi Gugu 2 Kecamatan Kota dan Gugus 1 Kecamatan Talango. Sasaran awal program tersebut ialah guru kelas 1,2 dan 3 sehingga memberikan dampak pada siswa.

Program INOVASI adalah bentuk kerjasama antara Pemerintah Australia dan Indonesia. Tujuannya meningkatkan literasi dan berhitung bagi siswa dalam upaya meningkatkan dunia pendidikan.

Selain menggalakkan program literasi, sekarang di Kabupaten Sumenep juga dilakukan program numerasi yang digarap LPTK Bina Nusantara mitra kerja INOVASI. Sasarannya 14 SD dan 3 MI meliputi Gugus 4 dan semua SD di Kecamatan Batuan.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment