Isi 90 Tahun Sumpah Pemuda, MGMP BIN SMP Gelar Pekan Bahasa dan Sastra.

JATIMAKTUAL.COM, PAMEKASAN, - Sebagai upaya mengenang semangat para pemuda  dan mengisi  90 tahun momentum Sumpah Pemuda, sejumlah guru bahasa Indonesia yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pamekasan mengadakan kegiatan Pekan Bulan Bahasa dan Sastra 2018. 

Kegiatan yang rencananya akan melibatkan siswa pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA sekabupaten Pamekasan akan dipusatkan di Pendopo Budaya Kantor Wakil Bupati Pamekasan.

Menurut Abd. Basid Muslim selaku ketua pelaksana, kegiatan Pekan Bulan Bahasa dan Sastra ini tidak hanya menggali talenta yang dimiliki para siswa, tapi juga mencoba mewadahi potensi guru-guru pada jenjang pendidikan dasar dan menengah  dalam hal ketrampilan menulis.

‘’Selama ini kalau lomba-lomba biasanya hanya melibatkan siswa. Oleh karena itu, kami mencoba  memberikan ruang kepada guru-guru SD/MI dan SMP/MTs yang ada di wilayah Kabupaten Pamekasan untuk unjuk kebolehan dalam ketrampilan menulis. Saya yakin, para guru memiliki segudang ide kreatif yang terpendam sehingga perlu untuk disalurkan,’’ungkap Basid Muslim kepada Jatim Aktual (9/10).

Muslim menambahkan, tema kegiatan yang diangkat pada kegiatan tersebut adalah ‘’Upaya Menggali Nilai Budaya dan Kearifan Lokal untuk Membentuk Pendidikan Karakter Generasi Muda’’. 

Oleh karenanya, materi lomba baca puisi dan cerpen untuk siswa diambilkan dari karya-karya sastrawan lokal Pamekasan, yakni penyair Sutomo dan Hesbullah yang karya puisi-puisinya sudah banyak diapresiasi secara nasional. Begitu juga tema untuk lomba  cipta puisi dan cerpen antarguru.

‘’Tema yang kami usung adalah kearifan lokal  sebagai sarana meningkatkan pendidikan karakter. Kami berharap tulisan-tulisan yang nanti dihasilkan oleh bapak ibu guru menjadi media sekaligus penguatan terhadap pembentukan karakter peserta didik sebagai bagian dari generasi penerus bangsa. Bahkan sebagai upaya nyata ikut berperan serta terhadap program literasi yang dicanangkan pemerintah,’’tambah guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Pakong ini.

Kegiatan yang akan berlangsung mulai 30 Oktober sampai dengan 6 November 2018 ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Pamekasan, Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, MKKS SMP Negeri Kabupaten Pamekasan, dan beberapa sponsor. (cong muslim)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment