INOVASI menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Ma'arif NU dan Muhammadiyah: Kemitraan untuk memperkuat mutu pendidikan di Indonesia

Jatimaktual.com, Jakarta,- 6 September 2018 – Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) yang merupakan program kemitraan antara pemerintah Indonesia dan Australia dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, awal minggu ini menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) dan Muhammadiyah. Ini merupakan suatu bentuk kemitraan baru yang dilakukan dalam rangka memperkuat mutu pendidikan di Indonesia, terutama dalam hal meningkatkan hasil belajar literasi dan numerasi siswa jenjang pendidikan dasar.

Melalui kemitraan ini, LP Ma'arif NU dan Muhammadiyah akan mendukung penyebaran praktik-praktik baik dari program rintisan yang INOVASI laksanakan, yakni dengan memanfaatkan jaringan sekolah yang ada di bawah masing-masing organisasi, baik itu di tingkat daerah maupun secara nasional. Di tingkat sekolah dasar, Muhammadiyah memiliki banyak sekolah dasar di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sementara LP Ma'arif NU menaungi madrasah di bawah Kementerian Agama. Dukungan kedua organisasi ini tentu memberikan dampak positif dalam memperluas dan melanjutkan praktik-praktik baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Direktur Program INOVASI Mark Heyward, Ph.D mengatakan, “INOVASI bertujuan untuk menemukan berbagai praktik atau cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa Indonesia. Kemitraan ini adalah kesempatan luar biasa bagi kami untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan Islam, dan bekerja langsung dengan mitra kami dalam mengembangkan dan menguji coba pendekatan baru di madrasah dan sekolah Islam.”

Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama, K.H. Drs. Z. Arifin Junaidi, M.M., menyampaikan pandangan positifnya terhadap kemitraan baru ini. “Ma'arif NU siap bekerja sama dengan program INOVASI, melalui madrasah dan sekolah kami yang menjadi target dari program kemitraan ini. Kami juga akan melaksanakannya melalui jaringan Ma'arif di provinsi dan kabupaten di seluruh Indonesia.”

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr H. Abdul Mu'ti, M. Ed, mengatakan, “Kemitraan antara INOVASI dan Muhammadiyah ini sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran anak-anak Indonesia”.


Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment