Dana Hibah Provinsi Jatim 2017 di Pamekasan Perlu Dicurigai. Ada Apa?

Jatimaktual.com, Pamekasan - Bantuan Dana Hibah Propinsi jawa Timur tahun anggaran 2017 menumpuk di berbagai desa di Pamekasan, Dana tersebut diterima oleh sejumlah Pokmas dan Yayasan yang sampai saat ini masih banyak ditengarai bermasalah. 

Di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu terdapat sekitar lima Pokmas/Yayasan yang menerima Bantuan Dana Tersebut, salah satunya Yayasan Raudlatul Athfal Nurus Sholihin Desa Tanjung, dengan Anggaran Rp. 350 Juta yang dicairkan pada bulan 11/10/2017 atas nama penerima M (inisial).

Mengingat beberapa bantuan yang marak bermasalah pihak redaksi mediaonline  jatimaktual.com mengklarifikasi kepihak penerima terkait bantuan tersebut. 

M mengakui bahwa pihaknya sudah didatangi beberapa Wartawan sebelumnya bahkan nama-namanya disebutkan yang sudah mendatangi yayasannya. dan membenarkan bahwa yayasan tersebut menerima bantuan Dana Hibah pada tahun 2017 sebesar Rp. 350 juta. dan difungsikan untuk pembangunan sekolah. 

"Anggaran dari jawa timur, dana hibah dari gubernur. Dana dicairkan sendiri, Pembangunan utuh dari dasar." kata M saat dikonfirmasi di ruangannya.

Menurutnya, bantuan hibah tersebut mengajukan melalui konsultan yang namanya TF. Jadi semua administrasi pemberkasan dikerjakan oleh Konsultan. Namun ketika ditanya terkait papan nama proyek atau prasasti. "Prasasti tidak ada. Kalau papan nama ada" sembari menunjukkan plang yang ada di samping bangunan. Namun ketika di cek ternyata papan nama yayasan bukan papan nama proyek pembangunannya. 

Anehnya lagi. Selain Prasasti tidak ada Anggaran dana 350 juta tersebut menurutnya tidak cukup terhadap pembangunan sekolah yang sudah dibangun. sehingga menggunakan dana dari masyarakat (Dana Swadaya). 

Namun untuk mengetahui terkait transpransi anggarannya, pihaknya meminta surat resmi, berhubung pula konsultan yang dimaksud menurutnya masih ada di Surabaya. 

Hingga berita ini diturunkan masih banyak bantuan dana hibah provinsi yang diduga bermasalah di Pamekasan yang belum dikonfirmasi ke pihak terkait terutama wilayah kecamatan proppo, Palengaan, Batumarmar.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment