Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan 8 Duta Besar Negara Sahabat

Jatimaktual.com, - Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari delapan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) negara sahabat, baik yang berkedudukan di dalam _(designate resident)_ maupun luar Indonesia _(designate non resident)_ pada Senin, 13 Agustus 2018. Penyerahan surat kepercayaan tersebut dilaksanakan di Ruang Kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, sekira pukul 09.30 WIB.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 6 orang di antaranya berkedudukan di Jakarta, sementara 2 orang lainnya berkedudukan di luar Indonesia. Penyerahan surat kepercayaan tersebut menandai dimulainya penugasan resmi dari para duta besar tersebut di Indonesia. Adapun kedelapan duta besar negara sahabat yang diterima Presiden Joko Widodo pagi ini ialah:

1. Ulugbek Rozukulov, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Uzbekistan untuk Republik Indonesia;
2. Songphol Sukchan, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Kerajaan Thailand untuk Republik Indonesia;
3. Pham Vinh Quang, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Sosialis Vietnam untuk Republik Indonesia;
4. Dziunik Aghajanian, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Armenia untuk Republik Indonesia;
5. Abdul Salik Khan, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Islam Pakistan untuk Republik Indonesia;
6. Lee Hiong Tan Wee, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Filipina untuk Republik Indonesia;
7. David Goldwin Pollard, Duta Besar LBBP _Designate Non Resident_ Republik Kooperatif Guyana untuk Republik Indonesia, berkedudukan di New Delhi, India;
8. Stella Budiriganya, Duta Besar LBBP _Designate Non Resident_ Republik Burundi untuk Republik Indonesia, berkedudukan di New Delhi, India.

Penyerahan surat kepercayaan duta besar negara sahabat tersebut dimulai dengan prosesi kedatangan di halaman depan Istana Merdeka. Saat prosesi kedatangan, turut diperdengarkan lagu kebangsaan dari masing-masing negara sahabat secara bergantian. Usai prosesi, secara bertahap para duta besar menuju ruang tunggu Istana Merdeka guna mengisi buku tamu sebelum menuju Ruang Kredensial dan menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo.

Setelahnya, para duta besar langsung diarahkan menuju Ruang Resepsi guna beramah-tamah sebelum secara bergiliran berbincang sejenak dengan Presiden Joko Widodo di _veranda_ Istana Merdeka. Kurang lebih tiga sampai lima menit Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk berbincang dengan masing-masing duta besar tersebut.

Dalam acara penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat kali ini, turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, serta tampak pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Wakil Menteri Luar Negeri A. M. Fachir, (Gumilar Abdul Latif).

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment