ORANG TUA MADRASAH PERTAMA BAGI ANAKNYA

Jatimaktual.com, Artikel - Orang tua adalah panutan bagi anak-anaknya, apalagi soal pendidikan. Setiap anak di lahirkna dalam keadaan fitrah tanpa noda setetes pun artinya orang yang bertanggung jawab bagaiamana anak itu apakah tetap dalam keadaan fitrahnya atau banyak noda yang membekas pada anak. 

Pendidikan adalah hal yang sangat penting, karena pendidikan daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin), pikiran (intelect) dan jasmani supaya dapat memajukan kesempurnaan hidup, yakni kehidupan dan penghidupan yang selaras dengan alam dan masyarakat. 

Sebuah jargon yang melekat pada kehidupan masyarakat ialah ornag tua sebagai guru pertama bagi anak-anaknya, di mana orang tua harus mendidikana anaknya dengan didikan yang baik.

Perlu di pahami kembali sebuah krisis moral, akhlak dan etika sedang melanda para era ini. Di mana ketika kita melihat kasus yang sedang terjadi kemaren kemaren di layar kaca atau di lingkungan sekitar kita. 

Banyak anak-anak yang sudah tidak mementingkan etika dan akhlak kepada yang lebih tua khususnya orang tua. Ketika kita lihat pada zaman ini, sebuah layar kaca menayngkan anak membunuh orang tua kandungnya sendiri. 

Apakah tidak merasa ibu yang mengandung selama sembilan bulan, sing malam kesuasahan karena membawa anak di dalam perutnya, nyawanya habis di tangan anakanya sendiri. 

Dalam hal ini siapa yang disalahkan? apakah orang tua gagal dalam mendidik anaknya. Perlu diketahui juga, lingkungan juga berpengaruh pada proses pembentukan pendidikan karakter anak, jika ia bergaul dengan lingkungan yang baik tidak menutup kemungkina akan berperilaku baik sebaliknya jika lingkungan yang ia gauli adalah lingkungan yang menyesatkn istilahnya juga tidak menutup kemungkinan anak tersebut akan ikut sesat. Semua ini juga tidak terlepas dari pengawasan orang tua.

Dalam konteks ini, orang tua harus mengutamakan yang namanya pendidikan akhlak. Di mana pendidkan ini harus di tanam oleh kedua orang tuanya sejak mereka dini. Ketika anak sejak dini sudah diajari bagaiamana akhlak dan etika kepada orang tua, karakter anak akan mengikuti pendidikan yang di kasih oleh orang tua. 

Oleh karena itu, orang tua selaku madrasa pertama berilah pendidikan anak dengan pendidikan yang baik karena karakter anak tidak lepas dari apa yang di kasih oleh orang tua mereka.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment