Masjid Membludak Saat Tarawih, Tapi Tidak Saat Shalat Fardhu.

Penulis : Baitiyah H.
Mahasiswa IAIN madura

Jatimaktual.com, Opini,- Siapa yang tak senang menyambut datangnya bulan Ramadhan? Bulan penuh berkah, bulan berlimpah ampunan, seluruh umat muslim di belahan dunia sangat menantikan momentum turunnya Al-Quran, yang hanya satu tahun sekali ini.

Kegiatan demi kegiatan yang berselimut kajian Islami dilaksanakan dimanapun dan kapan pun, diantaranya, berpuasa (yang sudah menjadi kewajiban), tadarus Al-Quran, shalat tarawih, shalat tahajjud, i’tikaf,  bersedekah dengan takjil, memberi santunan kepada yatim-piatu, dan lain sebagainya. Namun sayangnya, tidak semua orang menyadari istimewanya bulan Ramadhan, pernahkah terbesit dalam hati mengapa Allah menganjurkan memperbanyak berbuat baik pada bulan Ramadhan ini?.

Faktanya, mayoritas masjid hanya membludak saat melaksanakan shalat tarawih, yang hukumnya sunnah. Padahal telah diriwayatkan oleh shahih bukhori dan muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda :

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ إِذَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرَ
“Shalat fardhu lima waktu, shalat Jum’at ke Jum’at berikutnya, dan Ramadhan ke Ramadhan berikutnya menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan di antara masa tersebut seandainya dosa-dosa besar dijauhkannya"

Cukup jelas dalam hadits tersebut bahwa Nabi selalu menganjurkan untuk melaksanakan shalat fardhu, bukan penekanan pada shalat tarawih saja.

Setidaknya bisa melaksanakan shalat fardhu berjamaah di masjid menjadi salah satu target kita dibulan yang penuh berkah ini, tidak hanya ketika shalat tarawih saja.
Sayangnya, beberapa umat Islam masih disibukkan dengan kegiatan mereka untuk bisa melakukan hal tersebut. "Seseorang yang dikatakan berhasil merubah dirinya ke arah yang lebih baik, tidak saat bulan Ramadhan saja, namun jika ia bisa merubah pribadinya dari sebelum datangnya bulan Ramadhan, ketika Ramadhan, dan setelah bulan Ramadhan" Tegas seorang ustadz yang mengisi ceramah setelah tarawih di salah satu masjid.

Semoga dengan datangnya bulan Ramdhan, bisa meraih berkah-berkah yang ada sebagai implementasi dari perintah Allah Ta’ala dan mengikuti Sunnah Nabi-Nya.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment