Manfaat dari marah, menangis dan tertawa HIKMAH DAN IBRAH

Jatimaktual.com, - Manfaat dari marah, menangis dan tertawa
Ada beberapa fakta tentang menangis yang perlu diketahui : menangis adalah ekspresi dan emosi yang di percaya dapat meningkatkan kesehatan. Hal ini dipicu karena air mata yang keluar saat menangis mengandung zat mangan dan hormon prolaktin yang cenderung meningkat ketika seseorang dilanda frustasi/depresi.

Keluarnya kedua zat tersebut dari tubuh secara otomatis menurunkan depresi yang tengah di derita. Ada tiga jenis air mata : pertama, air mata yang di produksi untuk melubrikasi mata secara reratur. Kedua, adalah air mata yang keluar secara refleks karena dipicu oleh iritasi yang dapat terjadi oleh pengaruh bawang atau lainnya. 

Ketiga, air mata yang keluar karena pengaruh emosi. Jenis air mata terakhir inilah yang memiliki zat mangan dan hormon prolaktin tertinggi. 

Jadi, ketika seseorang menangis karena emosi yang melanda dirinya, keluarnya air mata tersesbut secara naluriah mengurangi perasaan depresi yang ada hingga tubuh mencapai kondisi stabil.

Menangis yang sehat adalah menangis sepuasnya hingga rasa sedih atau beban emosi yang membebani terasa berkurang. Dengan begitu, usai menangis akan timbul perasaan nyaman.

(maka...menangislah wahai para muslimah, jika itu dapat meringankan bebanmu)

Nama           : MOH IDRIS
mahasiswa : IAIN MADURA
Semester     : 6
Jurusan       : Tarbiyah
Prodi            : Pendidikan Bahasa Arab(PBA)

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment