Suami sholeh, Harta yang tak ternilai

Oleh : Kurnia Ilahi Sufa
Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri Madura.

Buat seorang istri, harta yang paling berharga di dalam hidupnya adalah seorang suami yang sholeh. Dengan demikian istri akan merasakan keindahan didunia dan diakhirat. Sangat beruntunglah seorang istri yang mendapatkan suami sholeh. Karena ia akan memberikan seluruh kasih sayangnya, perhatiannya,cintanya kepada suaminya. Rumah tangganya akan memberikan ketenangan, kedamaian dan keselarasan.
Banyak hal yang menjadi dasar bagi semua wanita muslimah pada umumnya, tentang karakter calon suami yang didambakan. Sudah pasti secara umum, sosok calon suami yang didambakan ialah seorang yang bisa menjadi imam di dalam keluarganya dan yang bisa membuatnya bahagia karena ketika bersamanya surga terasa lebih dekat. Suami juga berkewajiban memberikan nafkah yang halal. Artinya suami sholeh selalu memastikan harta yang diberikan untuk keluarganya adalah harta yang halal.
 
Suami adalah imam dalam keluarganya baik dan tidaknya rumah tangga itu bergantung pada suami itu sendiri. Oleh karena itu carilah suami yang sholeh Suami sholeh adalah suami yang bisa menjaga istrinya di dalam segala hal terutama ibadahnya terhadap Allah SWT. Mampu menjadi pelindung bagi istri dan anak-anaknya. Ketika terjadisuatu permasalahan di dalam rumah tangganya ia selesaikan dengan penuh kebijakan tanpa harus terjadi kekerasan. Karena pada saat ini sudah banyak terjadi yang namanya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), menelantarkan istri dan anaknya. Tentunya pelanggaran-pelanggaran serupa tidak ingin terjadi dalam rumah tangga kita.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allâh terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [at-Tahrîm/66:6]
Seorang suami sholeh itu memiliki iman dan taqwa serta akan menjadi tauladan yang baik bagi istri dan anak-anaknya. Ia akan berusaha dengan seluruh kemampuannya agar keluarganya terhindar dari api neraka.Di dalam ayat suci Al-Qur’an sudah jelas agar menjaga keluarganya dari api neraka. Maka suami sholeh yang akan meuntun istrinya kejalan yang benar agar nantinya tidak sampai terjerumus kepada hal-hal yang mungkar.

Suami sholeh memiliki tanggung jawab sebagai pemimpin di dalam rumah tangganya. Sementara seorang istri di posisikan sebagai ibu dan pengatur rumah tangga. Suami tidak akan melarang istrinya untuk memiliki pendidikan islam setinggi mungkin, karena istrinyalah yang akan menjadi sumber pengetahuan pertama bagi anak-anaknya. Masing-masing memiliki peran yang berbeda akan tetapi semuanya mendapatkan pahala dari jika kita melakukannya dengan penuh keikhlasan. Perbedaan yang ada tidak menunjukkan bahwalaki-lakilebih baik dari perempuan atau sebaliknya.

Kepemimpinan laki-laki dalam rumah tangga sesungguhnya adalah tanggung jawab  besar yang nantinya akan dimintai pertanggug jawaban di akhirat. Suami sholeh wajib baginya untuk memberikan nafkah kepada istrinya, menjaga keluarga serta mendidik keluarganya. Tujuan pernikahan.

Semoga Allah senantiasa memberikan kebaikan dalam rumah tangga kita. Sehingga kita tetap istiqomah dalam menjalankan syariat islam dan menjadi keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment