Opini: Hidup Dalam Ridhanya

Oleh : Suhailatur Rosyidah
Mahasiswi Jurusan Bahasa Arab IAIN MADURA

Orang tua adalah seorang pahlawan tanpa jasa bagi kita, karena perjuangan mereka yang tanpa letih berjuang merawat kita dan mendidik kita sehingga  tumbuh menjadi dewasa dan mandiri.

Berbakti kepada orang tua merupakan kewajiban bagi kita, karena dalam islam orang tua menempati posisi sangat mulia, bahkan kedua orang tua menjadi penentu bagi kita turunnya keridhaan Allah SWT.
Seperti yang disabdakan Rosulullah SAW, "Ridha Allah tergantung pada keridhaan kedua orang tua, dan murka Allah 
tergantung kepada kemurkaan kedua orang tua"  (HR Tirmidzi).

Berbakti kepada orang tua lebih mulia dari pada jihad, sebuah jihad tidaklah akan berarti bila dilakukan dengan durhaka kepada kedua orang tua.

Berbakti kepada kedua orang tua merupakan amal yang paling utama yang harus didahulukan karena amalan ini adalah ibadah yang Allah cintai setelah ibadah solat tepat waktu. Namun seperti apakah berbakti yang akan mendapatkan ridhanya : 

Petama berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut. Hendaknya dibedakan berbicara dengan kedua orang tua dan berbicara dengan anak, teman atau dengan yang lain. Berbicara dengan perkataan yang mulia kepada kedua orang tua, tidak boleh mengucapkan ‘ah’ apalagi mencemooh dan mencaci maki atau melaknat keduanya karena ini merupakan dosa besar dan bentuk kedurhakaan kepada orang tua.

Kedua Tawadlu (rendah diri). Tidak boleh sombong apabila kita sudah meraih sukses atau mempunyai jabatan di dunia, karena sewaktu lahir kita berada dalam keadaan hina dan membutuhkan pertolongan. Kedua orang tualah yang menolong dengan memberi makan, minum, pakaian dan semuanya.

Sangatlah beruntung orang yang masih memiliki orang tua, karena orang tua adalah ladang surga bagi kita, berkat ridha mereka berdua kita akan mendapat ridhanya dan juga akan mendapatkan surganya.

Maka berbuat baiklah kepada mereka, bahagiakan keduanya dan muliakanlah mereka dengan pengabdian yang tulus.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment