"Ngantri adalah budaya santri"

Oleh indriani, Mahasiswi IAIN madura

    Pondok pesantren adalah tempat paling tepat orang tua untuk menitipkan anaknya sebagai pencegahan menghadapi pergaulan bebas diluaran sana, banyak para remaja yang menolak untuk di mondok bahkan terkadang ada yang sampai kabur dari pondok karna tidak kerasan tidak pondok.

     Alasan memgapa banyak santri tidak betah di pondok selain padatnya kegiatan pondok dan jauh dari orang tua salah satunya juga adalah karna di pondok serba ngantri, mau mandi ngantri, makan ngantri, setor hafalan ngantri, apalagi sudah ngantri mandi dan gak kebagian air, karna pesatnya kegiatan santri membuatnya jarang mandi.

    Namun, hal itu sudah menjadi kebiasaan yang tak mungkin bisa di hindari oleh santri manapun, budaya ngantri ini justru melatih kesabaran dan kekompakan santri karna saat ngantri justru di jadikan ajang untuk cerita-cerita masalah mereka (curhat) apalagi bagi santriwati adalah yang paling menyenangkan adalah curhat dan hal itu hanya bisa di lakukan saat mengantri baik ngantri mandi, mau beli makanan dan lain-lain, karna waktu yang lain di sibukkan dengan kegiaatan pondok dan juga agar tidak bosen ngantri.

Ngantri bagi santri sebenarnya bukanlah hal yang menyenangkan karna capeknya aktifitas seharian apalagi kalau sudah sakit perut tapi masih ngantri, disinilah mengapa seorang santri justru mamfaat ilmunya, karna jika tidak dapat ilmu dari sekoalah atau kampusnya maka ilmu yang dari pondok akan di dapat seperti yang awalnya tidak tau masak jika di pondok itu mengharuskan memasak artinya dari pondok itu sendiri itu tidak menjual nasi maka mau tidak mau santri harus belajar memasak. Itu adalah salah satu ilmu juga yang mampu di aplikasikan di rumah.

    Budaya ngantri merupakan ciri khas bagi santri itu sendiri karna ngantri merupakan kegiatan sehari-hari bagi santri, tapi hal ini  jangan lantas di jadika sebagai alasan anak takut untuk mondok karna sesungguhnya dari situ kita belajar mandiri dan menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan takut menjadi santri karna santri merupakan generasi yang di harapkan banyak orang.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment