MERAIH BERKAH BULAN RAMADHAN

Oleh : Ach Mahfudz Afandi
Mahasiswa  Jurusan Bahasa Arab  IAIN MADURA

Ramadhan merupakan bulan yang memiliki keistimewaan yang besar. Diantaranya Lailatul-Qadr dan Nuzulul Qur’an. Keduanya merupakan bulan yang disebut sepertiga pertamanya penuh dengan maghfiroh (ampunan), sepertiga kedua bernuansa rahmat (kasih sayang), dan sepertiga ketiga yang terakhir ditutup dengan itqun minan-nar (pembebasan dari neraka).

Inilah satu-satunya bulan terbukanya pintu-pintu surga, lalu pintu-pintu neraka ditutup, syetan pun merasa terbelenggu. Dibulan suci ramadhan inilah seluruh muslim-muslimah diwajibkan untuk berpuasa penuh selama satu bulan. Dan ibadah bulan puasa ini merupakan penerapan implemen dari salah satu sifat Allah yaitu ar-Rahman dan ar-Rahim.

Beberapa alasan mengapa bulan ramadhan ini begitu terasa kasih sayang Allah kepada kita, pertama, melalui bulan puasa ramadhan ini, pahala ketaatan seorang mukmin dapat nilai yang tertinggi disisi Allah. Bahkan bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, baginya tersedia pintu surga yang disebut dengan ar-Rayyan.

Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda, “sesungguhnya di surga ada pintu disebut ar-rayyan. Akan masuk pada hari kiamat dari pintu tersebut orang-orang yang berpuasa. Tak seorangpun yang bisa memasukinya. Apabila telah masuk rombongan orang-orang yang berpuasa dari pintu tersebut, maka ditutuplah ia sehingga tak seorangpun yang bisa masuk. (HR. Al-Bukhori dan Muslim)
Kedua, dengan ibadah puasa, diharapkan seorang dapat benar-benar bertaqwa sebagaimana yang tertera dalam surat (Qs. Al-Baqarah (2): 183). Ketiga, melalui ibadah bulan puasa ini kita dapat memanfaatkan waktu dan dapat menahan hawa nafsu hingga menahan lapar dan minum.

Dalam puasa ramadhan juga terdapat dimensi disiplin diri, hal tersebut dapat dilihat dari cara memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, seperti halnya melakukan perilaku yang baik  dari akhlakul karimah seorang muslim, sehingga menumbuhkan pahala-pahala yang berlipat ganda di bulan yang fitrah (suci) dan penuh berkah ini.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment