GAMBUS SABYAN, MENGGUNCANGKAN DUNIA

Oleh: Ulfatur Rosyidah
Mahasiswi IAIN MADURA

Sabyan, begitulah sebutannya. Siapa sih yang tidak mengenal salah satu gambus yang sudah naik daun ini ? Hampir mayoritas masyarakat mengenalnya. Baik dari kalangan muda sampai tua, baik dari wanita sampai lelaki. Selain vokalis cantiknya yang lihai dan berbakat, ia juga mempunyai cengkok khas dengan suara indah. Label sabyan sudah menjadi tranding topik hangat pada generasi millenial ini. Bahwa grup gambus ini sudah sangat berhasil memikat beribu atau bahkan berjuta masyarakat. Terlebih lagi di akun Instagramnya yang sudah mencapai berjuta followers yang notabennya dari kalangan muda.

Sabyan merupakan salah satu gambus yang kerap diperbincangkan. Terlebih lagi saat menjelang Ramadhan, hampir mayoritas orang menyukai lagu yang bernuansa islami seperti shalawat. Belakangan ini kerap sekali terdengar lantunan shalawat dimana-mana. Baik melalui perantara ataupun lantunan langsung. Tentunya lantunan yang kerap diperdengarkan ialah alunan dari vokalis muda dan cantik. Nissa, begitulah sapaan akrabnya. Ia merupakan gadis muda yang sudah lama bergelut dengan dunia islami. Bukan lagi, ia mendalami penguasaan pada bidang shalawatnya. Atas kecintaannya terhadap Nabi Muhammad SAW, maka ia lebih memfokuskan pada lantunan shalawat sejak dini. Hal itulah yang membawanya pada puncak kesuksesan.

Keberhasilan dalam mengantarkan gambus sabyan pada hati masyarakat, tidak terlepas dari usaha dan kerja keras sang vokalis muda tersebut. Penampilan syar’inya selaras dengan suara merdunya. Akan tetapi, keberhasilan tersebut jua tidak terlepas dari campur tangan dari paduan musik-musik syahdu yang dibawakan oleh teman-temannya.

Tidak ketinggalan, dalam kalangan fenomena kecintaan akan shalawat sudah banyak di temui, tentunya dengan berbagai ranah yang bervariasi. Shalawat-shalawat islam yang dilantunkan gadis muda ini sudah memiliki tempat tersendiri di hati penggemarnya. Karena melihat membludaknya pengaruh shalawat dan kecintaan shalawat para mahasiswa, IAIN Madura berhasil mendatangkan gambus sabyan di tengah-tengah mahasiswa yang dikemas oleh salah satu program study AHS (Akhwalus Syahsiyah) yang ke-21 tahun yang bertepatan pada hari Senin, 14 mei 2018. Acara yang digelar tersebut mendapatkan sambutan hangat dan positif dari masyarakat, khususnya mahasiswa IAIN Madura dan mahasiswa dari kampus lainnya. Pakaian yang dikolaborasikan dengan warna senada membuat sang vokalis tampak elegan saat berada di atas panggung. Tidak hanya itu, rektor IAIN Madura yaitu Dr. Mohammad Kosim juga menyempatkan menghadiri dan memeriahkan acara pada malam puncak tersebut yang bertepatan di Gedung Islamic Center.

Dan tak lupa pula, para penggemar gambus sabyan berdatangan “Fansbase Sabyan” namanya tertuma bagi kalangan anak “jaman now” yang benar-benar ngefans dengan gambus sabyan. Mereka selalu berpartisipasi atapun mendukung dimanapun gambus sabyan berada. Dan pada hari minggu, 20 mei 2018 tepatnya jam 03:00 Sore hari, “Fansbase Sabyan” mengadakan sebuah pertemuan tentang tujuan atau arah gambus sabyan kedepannya mulai dari pembentukan struktur lapangan sampai acara-acara yang akan dikemas pada tahun ini, dengan suasana berbahagia untuk membawa nama gambus sabyan meluas bahkan mendunia dengan banyaknya “Fansbase Sabyan” tersebut yang menggeludak bahkan di berbagai media seperti facebook, Whatsaap, dan Istagrampun “gambus sabyan” juga menjadi topic hangat yang sangat akrab dengan sholawat bernuansa islami tersebut.

Respon Pembaca.

1 comments:

Alfian Roby said...

jadi artikel menarik dibaca

Post a Comment