5 peristiwa penting di bulan Ramadhan

Oleh :Unayyizaturrafiatul Aliyah
IAIN MADURA

JATIMAKTUAL.COM, OPINI,- Tentu kita ketahui bersama bahwa bulan ramadhan merupakan  bulan yang mulia, penuh dengan kasih sayang Allah(rahmat), dan ampunan Allah (maghfiroh). Di bulan ini juga umat muslim di anjurkan untuk memperbanyak ibadah kepada allah agarenjadi orang-orang yang muttaqin .uniknya, Pada masa lampau banyak peristiwa-yang bersejarah yang terjadi di bulan ramadhan yang harus kita ketahui selaku umat muslim.diantaranya:

1. Diturunkannya Alquran (Nuzulul quran)
Umat muslim tentunya tahu bahwa turunnya al-quran pertama kali jatuh pada bulan romadhon.tepatnya pada tanggal 17 yang dikenal dengan nuzulul qur'an. Ulama'pun sepakat hal ini di karenakan tertera langsung dalam surah al-baqoroh ayat 185 yang artinya "(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Mengenai tahun ulama' berbeda pendat, imam ibnu ishaq berpendapat bahwa turunnya alquran pada tanggal 17 ramadhan pada tahun 41 setelah kelahiran nabi muhammad saw.

2.zakat fitrah di syariatkan
Selama 13 tahun hidup di Mekah sebelum hijrah, Nabi Muhamad telah 13 kali mengalami Ramadhan, yaitu dimulai dari Ramadhan tahun ke-41 kelahiran Nabi yang bertepatan bulan Agustus 610 M, hingga Ramadhan tahun ke-53 dari kelahirannya yang bertepatan dengan bulan April tahun 622 M. Namun selama waktu itu belum disyariatkan kewajiban mengeluarkan zakat fitrah bagi kaum muslimin, dan Iedul fitrinya juga belum ada/belum disyariatkan.

Setelah Nabi hijrah ke Madinah, dan menetap selama 17 bulan di sana, maka turunlah ayat 183-184 al-Baqarah pada bulan Sya’ban tahun ke-2 H, sebagai dasar disyariatkannya shaum bulan Ramadhan. Tak lama setelah itu, dalam bulan Ramadhan tahun itu pula mulai diwajibkan zakat kepada kaum muslimin, sebagaimana diterangkan oleh Ibnu Umar .Dari Ibnu Umar, sesungguhnya Rasulullah saw. telah mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan atas orang-orang sebesar 1 sha’ kurma, atau 1 sha’ gandum, wajib atas orang merdeka, hamba sahaya, laki-laki dan perempuan, dari kaum muslimin” H.r. Muslim

Zakat ini kemudian populer dengan sebutan zakat fitrah

3.fathu mekkah
Fathu Makka merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, di mana Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun,[butuh rujukan] sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.
Perrjanjian Hudaybiyah. Meskipun hubungan yang lebih baik terjadi antara Mekkah dan Madinah setelah penandatanganan Perjanjian Hudaybiyah, 10 tahun gencatan senjata dirusak oleh Quraisy, dengan sekutunya Bani Bakr, menyerang Bani Khuza'ah yang merupakan sekutu Muslim, walaupun sebenarnya yang pertama kali menyerang Bani Bakr adalah Bani Khuza'ah, dan sayang sekali permasalahan tersebut hanya diselesaikan dengan perjanjian elite yang tidak melibatkan akar rumput, sehingga masih menimbulkan dendam dikalangan Bani Bakr. Pada saat itu musyrikin Quraisy ikut membantu Bani Bakr, padahal bersadasarkan kesepakatan damai dalam perjanjian tersebut di mana Bani Khuza'ah telah bergabung ikut dengan Nabi Muhammad saw dan sejumlah dari mereka telah memeluk islam, sedangkan Bani Bakr bergabung dengan musyrikin Quraisy.
Abu Sufyan, kepala suku Quraisy di Mekkah, pergi ke Madinah untuk memperbaiki perjanjian yang telah dirusak itu, tetapi nabi Muhammad SAW saw menolak, Abu Sufyan pun pulang dengan tangan kosong. Sekitar 10.000 orang pasukan Muslim pergi ke Mekkah yang segera menyerah dengan damai. Nabi Muhammad saw bermurah hati kepada pihak Mekkah, dan memerintahkan untuk menghancurkan berhala di sekitar dan di dalam Ka'bah. Selain itu hukuman mati juga ditetapkan atas 17 orang Mekkah atas kejahatan mereka terhadap orang Muslim, meskipun pada akhirnya beberapa di antaranya diampuni

4. perang badar
Peristiwa ini merupakan pertempuran besar pertama antara umat islam melawan musuh-musuhnya .perang ini terjadi pada 17 ramadhan tahun 2 hijriah. Pasukan kecil kaum muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan quraisy dari mekkah yang berjumlah 1000 orang . setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, dalam keadaan berpuasa dan kekurangan dalam segi perlengkapan  pasukan muslim mampu menghancurkan kaum quraisy atas izin Allah.

5.kemerdekaan Republik Indonesia.
Jumat, 17 Agustus 1945 merupakan waktu keramat bagi bangsa Indonesia. Pada hari itu tonggak baru perjalanan bangsa Indonesia dimulai dengan dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Presiden RI pertama, Ir Soekarno. Dalam kalender Islam, 17 Agustus 1945 sama dengan 9 Ramadhan 1364 H. Pemilihan tanggal itu sebagai hari proklamasi kemerdekaan dinilai sebagai waktu yang tepat oleh kalangan Islam. Sebab, jatuh pada hari baik yakni Jumat dan bulan suci Ramadan.

Begitulah peristiwa penting yang harus kita ketahui bersama agar anak cucuk kita juga mengetahui apa yang terjadi pada masa lampau di bulan ramadhan sehingga di harapkannya kita bisa melaksanakan perintah Allah dan bersyukur di bulan yang suci ini

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment