Penemuan Makam Misterius, Yang Diyakini Sebagai Tokoh

JATIMAKTUAL, BONDOWOSO,- Pekan ini dusun pelalangan Desa Sukokerto Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso dihebohkan oleh sebuah makam yang diprediksi merupakan Makam seorang tokoh berjasa, pasalnya dari bentuk arsitekturnya makam tersebut seperti makam para pahlawan pada umumnya, dan makam tersebut juga dirawat oleh masyarakat sekitar, layaknya makam tokoh besar.

Setelah ditelusuri dan ditanyakan kepada warga sekitar ternyata makam tersebut adalah makam seseorang yang bernama AHMAD atau yang akrab disapa BUJUK SALAMA.
Beliau masih keturunan dari Pangeran Tahtar (Sultan Admaning Karah) Beto Pote Madura, yang silsilah keturunannya adalah keturunan dari tokoh panutan di Madura dan Jawa Timur.

"AHMAD dikenal dengan sebutan BUJUK SALAMA oleh masyarakat, beliau adalah seorang yang bijaksana dan rendah hati, konon menurut cerita Bujuk Salama adalah seorang pengembara yang berasal dari pulau madura entah di abad keberapa dan tahun berapa beliau mulai menetap di Plalangan tidak ada sejarah yang mencatat. Beliau menetap di Plalangan Sukokerto Pujer Bondowoso dan beranak cucu sampai akhir hayat di sana." ungkap Zairosi, salah satu warga sekitar.

Menurut Zairosi, konon beliaulah yang membabat Plalangan.

"Beliaulah yang membabat hutan karena pada masa itu plalangan masih berupa hutan rimba, beliau membabat hutan untuk dijadikan pemukiman dan lahan pertanian." tambah Zairosi.

Akhir–akhir ini makam Bujuk Salama banyak dikunjungi oleh warga sekitar bahkan warga dari luar Kota juga banyak yang datang berziarah dan berdo’a bersama saudara dan sanak familinya." tambah Zairosi.

Diyakini bahwa Bujuk Salama adalah orang yang sangat berjasa.

Penulis : Nasrul
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment