Hebat.! Yayasan Pendidikan Al-Uswah Centre Pamekasan Gelar Sekolah Orang Tua (SOT)

Jatimaktual.com, Pamekasan,- Yayasan Pendidikan Al-Uswah Centre Pamekasan mengadakan Sekolah Orang Tua (SOT) pada Ahad, 08 April 2018, di Pendopo Bupati Pamekasan. Acara yang dikhususkan untuk orang tua siswa Al-Uswah tersebut merupakan acara SOT kelima kalinya yang diselenggarakan selama tahun ajaran 2017/2018 berlangsung.

Acara SOT kali ini, Al-Uswah menghadirkan pembicara Nasional, Kak Sinyo Egi, yang sekaligus seorang penulis buku dan pendiri Yayasan Peduli Sahabat. SOT yang dihadiri oleh hampir 300 perserta tersebut mengangkat tema tentang Kejahatan Seksual.

"Dulu, kejahatan seksual hanya terjadi pada kaum perempuan, namun sekarang tidak, sekarang ini kejahatan seksual dapat menimpa siapa saja, di mana saja, bahkan sasarannya bukan hanya antar manusia, tetapi bisa dengan makhluk lain atau dengan benda," terang Kak Sinyo, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian contoh kasus yang banyak terjadi di masyarakat. "Upayakan ada evaluasi mengenai hubungan orang tua dan anak, yang mana dalam hal ini membutuhkan komunikasi yang sehat, dalam artian  jujur, terbuka, namun tidak vulgar,  kemudian perlu juga menciptakan hubungan yang erat dalam sebuah keluarga dengan cara sama-sama merasakan, libatkan perasaan anak."

Pada saat penyampaian materi telah selesai kemudian dilanjutkan dengan dibukanya sesi pertanyaan, banyak orang tua siswa antusias ingin bertanya. Tampak dari banyaknya tangan-tangan yang teracung. Usai Kak Sinyo menjawab semua pertanyaan-pertanyaan orang tua, acara SOT kemudian ditutup dengan pembacaan doa. Acara SOT yang dimulai pada pukul 09.00 tersebut berakhir pada pukul 11.30 wib.

"Acaranya bagus, banyak pengetahuan baru yang didapatkan yang insya Allah bermanfaat untuk saya sendiri dan anak-anak, serta insya Allah nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seperti kalau anak sudah berusia 10 tahun, maka harus pisah ranjang bukan hanya dengan ibunya, tetapi juga dengan ayahnya," komentar Eka Oktavia, salah satu wali murid Al-Uswah yang mengukuti kegiatan SOT. "Saya berharap untuk kegiatan SOT selanjutnya, diadakan tiap tiga bulan sekali atau satu semester sekali,  SOT kembali menghadirkan pembicara dari luar seperti Kak Sinyo, yang memang kompeten dibidangnya," lanjutnya, berharap Al-Uswah kembali mendatangkan pemateri yang memang ahli dibidangnya. (MN)

Pamekasan, 08 April 2018

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment