Resensi Buku : MORFOLOGI TUMBUHAN

Identitas buku:
Judul : Morfologi Tumbuhan
Nama Penulis : Gembong Tjitrosoepomo
Penerbit : UGM Press
Kota Terbit : Yogyakarta
Tanggal Terbit : Januari 2005
Edisi : Cetakan Kelimabelas
Ukuran : 21 cm
ISBN : 979-420-241-X

Buku memang dirancang untuk membantu pembaca agar dapat membantu memberikan pedoman untuk menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar kita. Buku ini juga menjelaskan tentang pengertian bagian-bagian morfologi tumbuhan beserta fungsinya dan cara kerjanya.

Ilmu tumbuhan pada waktu sekarang telah mengalami kemajuan yang demikian pesat, hingga bidang-bidang pengetahuan yang semula hanya merupakan cabang-cabang Ilmu Tumbuhan saja, sekarang ini telah menjadi Ilmu yang berdiri sendiri-sendiri. Morfologi Tumbuhan yang mempelajari bentuk dan susunan tubuh  tumbuhan pun sudah demikian pesat perkembangannya hingga dipisahkan menjadi morfologi luar dan morfologi dalam.

Buku ini mampu membantu pembaca untuk mengetahui dan mendalami ilmu-ilmu morfologi tumbuhan. Dengan membaca buku ini, pembaca dapat memahami lebih rinci mengenai bentuk, susunan tubuh tumbuhan, dan fungsinya.
Secara umum, buku ini berisi tentang sistematika fungsi bagian luar tumbuhan beserta organ penyusunnya. Apa sih fungsi daun, batang, akar, bunga, buah dan biji ? bagian apa saja sih yang menjadi penyusun bagian-bagian tersebut ? lalu apa saja sih fungsi bagian-bagian penyusun tersebut ? Karena yang diketengahkan terutama bentuk dan susunan luar tubuh tumbuhan, maka dalam prakteknya pada tulisan ini hanya diuraikan bentuk dan susunan tubuh tumbuhan yang berupa kormus, jadi dalam pembahasan buku ini hanya akan menyangkut dua golongan tumbuhan yaitu: Pteridophyta (tumbuhan paku) dan Spermatophyta (tumbuhan biji). Mengenai golongan-golongan yang lain, yaitu Schizophyta (tumbuhan belah), Thallophyta (tumbuhan talus), dan Brophyta (tumbuhan lumut), mengingat tubuhnya yang belum terdiferensiasikan, bahkan ada yang hanya terdiri dari satu sel saja, pembicaraannya lebih tepat untuk diikut sertakan dalam anatomi tumbuhan. Dengan adanya pegangan tersebut belum berarti bahwa tiap bentuk dan susunan tubuh dapat diterangkan bagaimana filogeninya serta apa fungsinya. Masih banyak hal-hal mengenai bentuk dan susunan tubuh yang hingga kini belum dapat diterangkan, mengapa bagian-bagian tubuh tersebut mempunyai sifat yang demikian tadi.
Di buku ini juga terdapat banyak istilah kata ilmiah dari bagian-bagian penyusun tumbuhan seperti padi (Oryza sativa L.), jagung (Zea mays L.), nangka (Artocarpus integra Merr.), mangga (Mangifera indica L.), dll. 

Dapat mengarahkan pembaca untuk memahami lebih rinci mengenai bentuk dan susunan tubuh tumbuhan bagian luar. Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena buku ini menguraikan soal morfologi luar atau morfologi dalam arti yang sempit sehingga apa yang dibaca oleh pembaca merupakan pembahasan yang amat dasar sehingga akan mempermudah pembaca dalam memahami dan mengingat materi pembahasan dalam buku tentang morfologi tumbuhan ini. Dalam uraian-uraian pembahasan pada buku ini, tekananya hanya terletak pada bagaimana bentuk dan susunan menurut kenyataannya dan istilah-istilah apa yang dipergunakan dalam menyatakan secara verbal bentuk beserta susunanya.

Buku ini sedikit kurang lengkap dalam pembahasan materinya karena seperti yang sudah dijelaskan dalam pembahasan kelebihan buku diatas bahwa buku ini hanya menguraikan soal morfologi luar atau morfologi dalam arti yang sempit. Jenis kertas yang digunakan pada buku ini juga sudah terkesan lama dan sudah waktunya di regenerasi dengan terbitan baru dengan isi yang sama agar tampilan buku tidak terkesan lama atau kuno. Gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini juga masih berwarna hitam putih dan hampir semua gambar ilustrasi tidak dilengkapi dengan penamaan bagian organ pada tumbuhan.

Biografi :
Nama   : Agustin Dyah Ayu Wiranti
Studi    : Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang
Alamat : Jl. Tirto Utomo Gg.2 Landungsari

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment