RAKERCAB Ke-IX dan Halaqoh Alumni, PC PMII dan IKA PMII Bondowoso Harus Satu Persepsi Demi Kejayaan PMII Ke-Depan -->
Cari Berita

RAKERCAB Ke-IX dan Halaqoh Alumni, PC PMII dan IKA PMII Bondowoso Harus Satu Persepsi Demi Kejayaan PMII Ke-Depan

Monday, January 22, 2018

JATIMAKTUAL BONDOWOSO,- Rapat Kerja Cabang (RAKERCAB) Ke-IX Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Bondowoso dan HALAQOH ALUMNI bertempat di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Bondowoso. Minggu, 21 Januari 2018.

Kegiatan yang mengangkat tema "Satu Barisan dan Satu Jiwa" tersebut dikemas dengan Halaqoh Alumni dengan tujuan silaturrahim dan menyatukan persepsi dengan para Alumni PMII.

"Sengaja kita kemas dengan Halaqoh, agar gerakan PC PMII Bondowoso selama satu masa khidmat selaras dengan harapan para Alumni yang sudah lebih berpengalaman, tapi  mirisnya Alumni tidak ada yang hadir," ungkap Nanang Sholeh selaku Ketua Umum PC PMII Bondowoso.

Para pengurus yang bisa dibilang baru seumur jagung tersebut, tentu masih sangat membutuhkan masukan dan arahan dari para Alumni yang sudah mengenyam pahit manisnya berproses.

"Banyak hal yang ingin kami rembuk dengan para Alumni yang sudah jauh lebih berpengalaman, kami sangat butuh masukan dan arahan para senior," tambah Nanang.

Dalam sambutannya Nanang juga membacakan sebagian teks pembai'atan.

"Pantang menyerah, pantang berputus asa dan pantang meninggalkan PMII dalam situasi dan kondisi apapun. Yang kita pahami bahwa teks itu untuk para Kader dan Alumni PMII agar bersama-sama merawat dan membesarkan PMII, tidak ada alasan untuk menelantarkan PMII. Sebuah organisaai yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap kita semua," tegas Nanang.

Selain itu kader yang akrab disapa cak Nanang tersebut menyampaikan sebagian target kepengurusannya selama satu masa khidmat.

"Selain kegiatan formal yang wajib kita jalankan, Minimal ada 4 Komisariat baru dan 4 kali Aksi turun jalan selama 1 tahun kepengurusan kami," tambah Nanang.

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Anggota dan Kader PMII se-Bondowoso, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah (STIS) Abu Zairi, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Togo Ambarsari, Unej Cabang Bondowoso, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) tersebut diapresiasi oleh Majelis Pembina Cabang (MABINCAB) yang diwakili oleh Ahdari.

"Kami mewakili MABINCAB mengapresiasi kegiatan kali ini. Kantor NU ini rumah kita bersama jadi harus ditempati. Selamat menjalankan RAKER, semoga mampu merumuskan program kerja yang obyektif sesuai dengan kebutuhan PMII Bondowoso. Kami hanya bisa mensupport melewati ikatan Kultural kita, urusan kebijakan 100% milik kalian, karena kalianlah yang lebih paham kondisi PMII Bondowoso," tegas Ahdari.

Selain penyampaian dari MABINCAB, Ikatan Alumni (IKA) PMII Bondowoso yang diwakili oleh Moh.Afifi juga memberikan masukan terhadap Pengurus Cabang yang disampaikan dalam sambutannya.

"Kader dan Alumni itu merupakan satu tubuh yang tidak bisa dipisahkan, Kader membesarkan PMII melewati Gerakan Struktural, Alumni membesarkan PMII melewati gerakan kultural, itulah yang seharusnya dilakukan kita bersama demi organisasi yang kita cintai ini," ucap Afifi

PMII yang merupakan anak NU   tersebut juga diharapkan untuk tetap eksis dalam segala hal, khususnya bidang keagamaan.

"Agama yang dianggap suci, hari ini sering dijadikan alat perpecahan antar agama dan saling menyalahkan ajaran agama lain, padahal agama itu seharusnya menjadi jembatan untuk menjaga meharmonisan antara para pemeluk agama. Gerakan seperti itu menjadikan para pemuda, khusunya kalangan mahasiswa sebagai sasaran empuk. Kalo bukan PMII yang menjaga para penerus bangsa tersebut terus siapa lagi," pungkas Afifi.

Kegiatan tersebut akhirnya ditutup dengan do'a oleh Moh.Fahrizal Ridho yang kemudian dilanjutkan dengan Sholawatan bersama yang diiringi oleh grub gambus OGAF.

(Fahrizal Ridho)