Ngajar itu Pengabdian Bukan Pekerjaan -->
Cari Berita

Ngajar itu Pengabdian Bukan Pekerjaan

Wednesday, January 24, 2018

JATIMAKTUAL BONDOWOSO,- Andika Prayetno, S.Pd, seorang guru di salah satu sekolah swasta yang menginspirasi banyak orang. Pasalnya, selain berprofesi sebagai Guru yang setiap hari harus mengajar, dia juga menggeluti berbagai dunia usaha, salah satunya bertani.

Ketika dikunjungi Tim Redaksi di sawah dimana dia bercocok tanam, Maskuning Kulon, Pujer Bondowoso, ternyata dia sedang memanen buah cabe yang dia tanam sendiri. Rabu, 24 Januari 2018.

Dalam pernyataannya, dia mengatakan tentang pentingnya seorang guru memiliki aktivitas lain selain mengajar, contohnya memiliki usaha.

"Hari ini tidak sedikit Guru yang malas ngajar karena menganggap ngajar sebagai kerjaan sehingga bayaran yang dia terima dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya mas, apalagi Guru Swasta yang bayarannya tidak mesti. Kalo tidak memiliki usaha di luar ngajar, ya harus siap-siap puasa mas," kata Dika.

Selain itu pria yang pernah aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tersebut meyebutkan tentang salah satu manfaat berwirausaha. 

"Usaha yang mandiri itu enak mas, lebih enak dari pada PNS. Kalo PNS itu terikat, diatur orang, takut ini lah, takut itu lah, takut dipecat lah, kayaknya gak mandiri sama sekali mas. Tapi kalo pengusaha mandiri, mau dipecat dari mana?. kita bebas masuk jam berapa, pulang jam berapa, tidak ada kata-kata dipecat mas," kata Dika.

Selain itu Dika juga berharap agar kader-kader PMII mampu menjalankan usaha secara mandiri.

"Kader-kader PMII harus mampu menjalankan usaha secara mandiri, agar  tidak semuanya berlomba-lomba jadi Guru yang hanya berorientasi pada prakmatisme, sehingga akhirnya ukuran keihlasan mengajarnya hanya diukur dengan uang," tambah Dika.

Bapak 1 anak tersebut juga membuka diri untuk kader-kader PMII jika mau belajar berwirausaha.

"Beternak saya sudah mas, jualan juga sudah, sekarang saya fokus di pertanian mas. Saya seneng kalo kader-kader PMII mau belajar berwirausaha, saya siap untuk mengajari," pungkas Dika.

Penulis : Ana
Publisher : Isol Crew JA