Menjadi Pribadi yang Baik Tidaklah Muda

Jatimaktual.com, Resensi Buku,- Menjadi seseorang yang hebat dan terkenal bukanlah hal yang muda. Mungkin dibalik cerita kehidupan mereka terdapat berbagai macam lika-liku kehidupan, banyak orang yang terkenal tapi mereka   kurang dalam berpendidikan. Padahal pendidikan merupakan pokok utama untuk menjalani kehidupan. Jika orang berfikir pendidikan adalah bukan prioritas utama mungkin jalan pemikirannya berbeda. Seperti halnya cerita dari you tubers Gita Savitri dibalik kesibukkannya sebagai seorang you tubers Gita Savitri atau biasa terkenal dengan nama Gitasav merupakan mahasiswa yang mengenyam pendidikan S1nya diluar negeri yaitu dijerman dengan jurusan kimia murni. Gitasav juga berbagi kisah atau pengalamannya   didalam buku yang berjudul Rentang Kisah dia menceritakan awal mula dia sebelum dikenal banyak orang (SMA) sampai dia menjadi seorang You Tuber yang dikenal akan konten-kontennya. Meskipun dia seorang You Tuber akan tetapi kontennya banyak digemari oleh para remaja bahkan orang tua karena kontennya yang selalu menginspirasi banyak orang. Hingga proses yang harus dia lalui sebelum dia memutuskan studi di Negara orang (Jerman). Buku ini memiliki kelebihan yang itu tulisan dan Bahasa yang digunakan ringgan sehingga mudah dipahami oleh pembaca. 

Buku ini terdapat berbagai macam problematika kehidupan yang diulas dan disampaikan oleh penulis dengan jelas tanpa menimbulkan pertanyaan di benak pembaca. Seperti cerita kegalauan si penulis untuk menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuannya dan menghadapi orang tua yang tidak sependapat dengan dia sampai dia memutuskan kuliah di Jerman hingga akhirnya dia bergelut dengan kehidupan kampus dan masyarakat luar negeri. Buku ini juga menggulas sisi pandang penulis yang harus menghadapi pencapaian target hidup yang bertolak jauh dari yang direncanakannya selama ini. Hidup memang terkadang perlu untuk menjadi non mainstream. Tidak semuanya harus seperti yang dialami oleh kebanyakan orang. Banyak hal yang bisa didapatkan dalam buku ini karena terkadang disetiap babnya terdapat kata-kata yang dapat dipetik oleh si pembaca. 

 Sisi menarik dalam buku ini yaitu pada bagian sinopsisnya. “Apa tujuan hidupmu?” kalau itu ditanyakan kepadaku saat remaja, aku pasti nggak bisa menjawabnya. Jangankan tujuan hidup, cara belajar yang benar saja aku nggak tahu begitulah sekilah kutipan synopsis dalam buku ini. Dengan synopsis seperti itu membuat banyak orang penasaran pada isi buku tersebut. Di dalam buku ini juga diselipkan beberapa tulisan yang dia tulis di blog. Di bagian akhir buku ini mengulas masalah yang menurut sebagian orang adalah permasalahan besar, beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang dan beberapa pendapat dan opini si penulis yang perlu diceritakan agar orang dapat memetik hikmanya. Dan penulis juga menjawab beberapa permasalahn tersebut dengan pemikiran yang baik dan Bahasa yang ringan sehingga dapat dicerna oleh si pembaca. Buku ini sangat cocok dibaca oleh kalangan muda khususnya untuk anak muda yang ingin melanjutkan kuliah diluar negeri karena si penulis banyak bercerita tentang kehidupan-kehidupannya ketika berada diluar negeri dan bagaimana sistem pendidikan di Negara Jerman dan buku ini juga cocok bagi anak muda yang suka melihat konten-konten you tube Gitasav.

Kekurangan buku ini yaitu pada bagian awal buku tidak dicantumkan halaman sehingga ketika orang membaca terkadang tidak tahu batasannya dan lanjutannya dan ketika pembaca ingin menggulang kembali bahasan yang dia sukai harus mencari terlebih dahulu.  Dan kelemahan lain mungkin Bahasa kurang cocok untuk dibaca oleh orang yang sudah tua karena bahasanya seperti Bahasa anak muda.  

Judul Buku : Rentang Kisah
Penerbit : Gagas Media
Penulis : Gita Savitri D.
Tebal buku : 207 halaman
Tahun Cetak : 2017
Presensi : Rizki Dwi Amalia
Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment