Mengenal Lebih Dekat Siapa Ra. Badrut Tamam "Calon Bupati Terpilih"

JATIMAKTUAL, PAMEKASAN,- H.Badrut Tamam, S. Psi/ Ra Badrut adalah tokoh muda Jawa Timur yang cerdas, peduli dan merakyat.  Lahir di  Pamekasan 2 Desember 1978, Ra Badrut dididik dalam tradisi pesantren yang kuat. Putra pasagan (alm).KH. Malidji dan Hj. Maftuhah Djufri ini banyak menimba ilmu di pesantren. Tamat Sekolah Dasar di Tlesah Pamekasan, Ra Badrut nyantri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata dan ke Pondok Pesantren Al Hidayah, Lasem, Rembang yang diasuh oleh  KH. M. Zaim Syakir Ma’sum. Gelar Sarjana Psikologi diperolehnya dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

Semasa kuliah, jiwa kepemimpinannya diasah melalui berbagai organisasi baik didalam maupun diluar kampus. Ia pernah menjadi Senator Fakultas Psikologi UMM, Ketua umum PMII Korcab Jawa Timur, pendiri Lembaga Studi Psikologi dan Islam Pheomeon, dan aktifis Lembaga Studi Islam dan Transformasi Sosial. Tidak hanya itu, tahun 2008 Ra Badrut menjadi anggota Balitbang PWNU Jatim dan tahun 2010 sampai sekarang duduk sebagai   Wakil Ketua GP Ansor. 

Kepekaan dan kecerdasan Ra Badrut dalam memaknai fenomena sosial politik disalurkan melalui berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dan tulisan diberbagai media massa. Ra Badrut termasuk salah satu tokoh muda NU yang mampu menghasilkan sebuah buku yang berjudul “Nalar Tradisi Pesantren : Geliat Santri Menghadapi Terorisme, Fundamentalisme dan Transnasionalisme Islam”. 

Tahun 2009 Ra Badrut terjun kedunia politik praktis. Ia terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Karena dedikasinya yang luar biasa pada masyarakat, tahun 2014 Ia terpilih kembali dengan perolehan suara terbesar se-Indonesia  mengalahkan perolehan Caleg DPR RI dari PKB. Saat ini, Ra Badrut didaulat memimpin Fraksi PKB di DPRD Provinsi Jawa Timur. 

Sebagai anggota dewan, Ra Badrut dikenal sebagai politisi bersih dan peduli.  Ketika banyak anggota dewan terjerat kasus korupsi, Ra Badrut justru aktif memperjuangkan terciptanya tata pemerintahan yang bersih.

Kepeduliannya terhadap masyarakat diwujudkan melalui berbagai bantuan kepada pondok pesantren, kelompok tani, usaha kecil-menengah, termasuk masyarakat kecil yang membutuhkan. Ra Badrut juga donatur tetap diberbagai pondok pesantren dan panti asuhan baik di Pamekasan maupun di daerah lain di JawaTimur.

Sebagai putra seorang Kiai, Ra Badrut sangat memegang teguh nilai-nilai agama dan budaya. Tradisi yang sama ditularkan kepada anak-anaknya dengan memberi tauladan tentang sikap dan perilaku untuk selalu menjaga nilai budaya, adat istiadat dan agama serta tidak melakukan perbuatan asusila.

Ra Badrut dikenal sebagai tokoh yang dekat dengan berbagai kalangan. Mulai dari tokoh pemerintah, tokoh agama/Kiai, tokoh adat budaya, petani, nelayan, pedagang kecil hingga tukang becak.

Atas desakan berbagai pihak, tokoh, kyai dan pemuda serta masyarakat Pamekasan dan kecintaanya terhadap tanah kelahirannya H.Badruttaman,S.Psi/ 

Ra. Badrut memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Pamekasan 2018-2023 dengan mengusung visi : Membangun Pamekasan dari Bawah, Merata dan Berkeadilan.

Ternyata. Cita-cita tersebut tercapai. BERBAUR (badrut Tamam dan Raja'i) terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, semoga mampu mengemban amanah.

Penulis : Cak Bariel
Publisher : Faisol

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment