Mencoba Terus Berpikir Positif

Penulis. Baiq Baihan Saputri
Mahasiswa Pendidikan Biologi

Jatimaktual.com, Artikel,- Berpikir positif, hal umum yang tidak asing lagi didengar oleh khlayak umum. Namun,  berfikir posotif sering kali tidak dapat dilakukan oleh seseorang, hal ini dikarenakan kecemasan yang sering terjadi kepada diri seseorang yang menyebabakan timbulnya pikiran-pikiran negatif. Dengan kata lain, berpikir postif merupakan cara berpikir secara logis dengan memandang sesuatu dari segi positifnya baik pada diri sendiri, orang lain, mapun pada keadaan lingkungan.. Dengan berpikir positif tentu dapat merubah cara pikir dan pandangan seseorang tentang kehidupan. Banyak orang menuai suatu kegagalan dikarenakan pola berpikir yang negatif sehingga menjadi pemicu mencapai suatu kesuksesan. Karena penghalang terbesar menuju impian atau cita-cita yaitu ada dalam dirii sendiri artinya bahwa seseorang dengan pikiran negatif dapat menghambatt langkah seseorang menuju kesuksesan.

Kesuksesan yang diperoleh oleh seseorang tentu tidak diperoleh secara instan artinya bahwa kesuksesan tersebut membutuhkan perjuangan serta kegagalan yang terus-menurus terjadi untuk mencapai kesuksesan. Sehingga dikatakan bahwa kesuksesan itu akan diperoleh tergantung dari diri seseorang itu sendiri bagaimana ia mampu bangkit dan berani mencoba hal baru untuk memperoleh kesuksesan dalam hidup. Sehingga berpikir postif sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak orang yang bertanya mengapa harus berpikir positif ? berpikir positiof memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari contohnya saja dengan berpikir positif akan menjadikan hidup menjadi terasa lebih nyaman, tak hanya itu dengan berpikir positif akan memicu diri sendiri untuk terus bergerak dan bertindak, artinya bahwa jika dalam hidup mengalami kegagalan maka perlu bangkit untuk memperbaikinya, seperti pepatah dari Negeri Matahari Terbit yang menyebutkan bahwa  7 kali jatuh, 8 kali bangkit, jatuh bangun dalam kehidupan, walau dalam kehidupan kita berkali-kali gagal jangan sampai putus asa untuk bangkit kembali.

Perlunya berpikir positif dapat mendatangkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari, sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh HR. Muslim “sesungguhkanya Allah berkata:”aku sesuai prasangka hamba-Ku pada-Ku dan Aku bersamanya apabila ia memohon kepada-Ku (HR. Muslim). Salah satu tips agar kita selalu dapat berpikir positif yaitu dengan tetap besyukur terhadap segala sesuatu yang dianugerahkan oleh Tuhan baik berupa kenikmatan maupun kesulitan yang dihadapi.

Membiasakan diri berpikir postif merupakan hal yang sulit dilakukan sekalipun dari segelintir orang tentu tidak dapat melakukannya dengan baik, menanamkan sikap berpikir positif kepada diri sendiri tentu merupakan hal yang tidak mudah dilakukan, sehingga hal ini merupakan bagian penting yang dapat menghambat diri untuk maju dalam menggapai impian, memacu diri untuk terus berpikir positif dirasa sangat perlu untuk mengembangkan semangat dalam dirii individual.

 Dampak dari beripikir positif tentu banyak dalam kehidupan sehari-hari diantaranya akan mendatangkan sikap riligius, hal ini dikarenakan bahwa diri kita akan selalu mensyukuri setiap detik nikmat yang diberikan Tuhan dalam kehidupan, sebagaimana Firmn Allah yang artinya “ jika air laut dijadikan tinta untuk menuliskan nikmat yang Allah berikan maka itu semua tidak akan habis untuk menuliskan nikmat-Nya”.

Sehingga beripikir postif sangat dibutuhkan dalam kehidupan dan menghindari berpikir negative yang tentu memiliki dampak dalam kehidupan sehari-hari seperti:

1) menghambat diri dalam upaya memperbaiki diri menjadi individu yang lebih baik,

2) menghambat diri dalam meraih cita-cita karena selalu beripikir akan gagal sebelum mencoba,

3) selalu beripikir bahwa kemampuan yang dimiliuki sedikit sehingga tidak mau mencoba hal-hal baru dalam hidup, dan

4) berpikir negative dapat mendatangkan sifat pesimis dan tidak mau bangkit dari kegagalan yang dialami dalam hidup.


Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment