MASA DEPAN BAHASA ARAB DALAM MENYAMBUT TAHUN BARU 2018

Oleh : Ismail
Mahasiswa PBA STAIN Pamekasan

Kalau bicara tentang bahasa, manuasia sebagai ciptaan Allah mampu untuk mengaplikasikan sesuai dimana manusia itu lahir, karena pada hakikatnya manusia diciptakan oleh Allah sudah diberi kemampuan dalam berbicara. Namun apabila manusia tersebut hidup di tempat yang bukan tempat dia lahir, maka manusia itu pasti akan merasakan kesulitan dalam menggunakan bahasa tersebut, walaupun pada ahirnya dia mampu dalam menggukan bahasa orang lain, dengan waktu yang sangat lama, sehingga manusia tersebut mampu beradaptasi dengan bahasa orang lain, apalagi bahasa yang digunakan merupakan bahasa nasional ataupun internasional.

Untuk itu dalam pembelajaran bahasa itu memang penting untuk dipelajari agar manusa mampu berbahasa dengan bahasanya orang lain, agar ketika berkomonikasi dengan orang lain atau orang asing mampu bersaing dengan menggunakan bahasa ter sebut, dan dari sisi lain, bahasa merupakan hal yang penting bagi diri manusia untuk menjaga tipu daya orang lain, karena ketika manusia itu tidak mampu menguasai bahasa orang lain, maka bisa jadi manusia tersebut bisa ditipudaya oleh orang lain dengan bahasanya. Sebagaiman pepatah mengatakan  سلِم مِن مكرهم مَن عرف لغة قوم artinya: Barang siapa menguasai bahasa suatu kaum  maka ia akan selamat dari tipu daya merek . maka dari itu untuk mewanti – wanti tipu daya orang lain kita harus belajar bahasa orang lain.
 
Oleh sebab itu kita sebagai penerus bangsa harus mampu mempelajari semua bahasa yang betarap nasional ataupun internasional yang salahsatunya bahasa arab yang merupakan salahsatu bahasa internasional yang dulunya merupakan bahasa no satu, namun sekarang in bahasa arab digeser oleh bahasa inggris karena bahasa inggris sekarang ini sangat banyak diminati oleh para pelajar untuk mempelajarinya, dan hal itu juga demi menjaga Negara kita ini yakni negara Indonisia, palagi dalam menyamput tahun baru masahi yang akan beralih tahun 2018.

Namun masih banyak juga para ulamak yang mempertahakan bahasa arab, diataranya ust Ghazali, yang mana beliau merupakan salah satu yang menjadi polopor bahasa arab di daerah Madura, tepatnya di Kota Pamekasan di Kecamatan Palengaan Desa Akkor, sehingga beliau mendirikan markas khusus pembelajaran bahasa arab dan beliau salah satu alumni universitas madinah, beliau menimba ilmu selama enam tahun, sehingga beliau mampu berbahasa arab dengan baik. Oleh sebab itu para santri berdatangan untuk belajar bahasa arab kepada beliau demi untuk mengetahui bahasa arab. Untuk itu, dalam pergantian tahun ini, jagalah behasa arab ini dengan memper banyak minat para pelajar dalam pempelajarinya, jangan sampai tahun ini lebih sedikit minatnya para pelajar dari pada tahun sebelumnya.

Respon Pembaca.

0 comments:

Post a Comment